Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daya Tampung 3 Seleksi Mahasiswa Baru Unila pada 2024

Kompas.com - 11/01/2024, 19:19 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Pusat Asesmen Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila, Hery Dian Septama mengatakan, penetapan daya tampung mahasiswa baru lewat 3 jalur seleksi Unila pada 2024 tidak mengalami perubahan.

Dia menyebut, jalur SNBP minimum masih 20 persen, jalur SNBPT 40 persen, dan jalur mandiri maksimum 30 persen.

Baca juga: Unpad Buka Kuota 7.460 Mahasiswa Baru Lewat 3 Jalur Seleksi

"Perubahan regulasi ada pada kewenangan panitia pusat yang tahun ini melakukan evaluasi daya tampung setelah diusulkan masing-masing PTN tahun ini," kata dia dilansir dari laman Unila, Kamis (11/1/2024).

Dia mengatakan, daya tampung adalah kapasitas program studi (Prodi) untuk menampung jumlah mahasiswa berdasarkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) serta infrastruktur pembelajaran dan laboratorium di PTN sesuai ketentuan perundang-undangan.

Penetapan daya tampung didasari Permendikbud Riset Nomor 48 Tahun 2022 tentang penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Rektor Unila, Prof. Lusmeilia Afriani meminta para pimpinan untuk mempercepat penetapan daya tampung.

Selain karena jadwal pengiriman data telah ditetapkan paling lambat 15 Januari 2024, hal ini terkait percepatan penentuan jadwal seleksi Mandiri yang akan disesuaikan dengan perubahan kebijakan tahun ini.

Tak hanya itu, para pimpinan diharapkan dapat memberikan justifikasi dasar dalam penentuan daya tampung di masing-masing prodi.

Baca juga: Seleksi Masuk PTN Jalur SNBP Hanya untuk Sekolah Kurikulum Nasional

Hal yang juga disoroti untuk dipertimbangkan yakni penerimaan PSDKU, khususnya kuota kerja sama yang akan diselaraskan dengan daya tampung PMB Unila 2024 Unila.

"Misalkan PSDKU D-3 Akuntansi daya tampungnya 40 mahasiswa. Apakah itu termasuk kerja sama atau tidak. Nanti juga bisa jadi pertimbangan kita. Tapi untuk kerja sama, berarti SK kita juga pastikan PSDKU D-3 Akuntansi ada jalur reguler dan jalur kerja sama," jelas dia.

Baca juga: Unnes Sediakan Kuota 11.300 Calon Mahasiswa Baru pada 2024

"Kerja sama dimasukkan dalam jalur Mandiri. Tentang ini harus juga dibuat di peraturan penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri," tutup Rektor Unila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com