Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S1 Singapura 2024, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 75 Juta

Kompas.com - 07/01/2024, 06:38 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa yang ingin melanjutkan kuliah S1, selain memilih kampus dalam negeri juga bisa memilih kampus di luar negeri.

Salah satu negara tetangga yang bisa dijadikan pilihan untuk kuliah S1 adalah Singapura. Saat ini ada beasiswa S1 Singapura yang dibuka.

Yaitu Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship. Beasiswa ini diambil dari salah seorang tokoh Singapura, Dr Goh Keng Swee.

Seorang ekonom yang juga mantan Wakil Perdana Menteri Singapura di era 1968 – 1984. Beasiswa GKS dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS).

Dengan beasiswa ini, calon mahasiswa bisa kuliah di universitas terkemuka Singapura. Misalnya National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa LPDP 2024 Jenjang S2-S3, Pendaftaran 11 Januari

Benefit beasiswa S1 Singapura 2024

Selain bisa kuliah gratis, kamu bisa mendapatkan biaya tiket pulang pergi Indonesia – Singapura, tunjangan pemeliharaan sebesar 6.500 dollar Singapura atau Rp 75 juta per tahun.

Beasiswa ini juga memberikan benefit berupa tunjangan asrama, serta tunjangan penyisihan saat pertama kali tiba di Singapura sebesar 200 dollar Singapura atau Rp 2,3 juta.

Namun pemberian beasiswa tersebut akan dievaluasi setiap tahun berdasarkan capaian akademik dan maksimum diberikan hingga empat tahun. Siswa yang ingin mencoba mendaftar beasiswa Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship, cek persyaratan dan cara daftarnya di bawah ini.

1. Kuliah gratis

2. Uang saku per tahun 6.500 dollar Singapura atau Rp 75 juta

3. Tiket pesawat

4. Tunjangan awal 200 dollar Singapura atau Rp 2,3 juta.

Persyaratan beasiswa S1 Singapura 2024

1. Beasiswa Dr GKS terbuka bagi pelamar yang berkewarganegaraan atau memiliki paspor Brunei, Kamboja, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Philipina, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos, dan Myanmar.

Baca juga: 10 Beasiswa S2 2024, LPDP hingga New Zealand Scholarship

2. Pastikan bahwa persyaratan penerimaan universitas yang diperlukan terpenuhi (termasuk tempat duduk ujian masuk universitas)

2. Bersamaan mendaftar masuk ke NUS, NTU, SMU, atau SUTD. Sebagian besar program akan dipertimbangkan, kecuali program khusus seperti kedokteran. Pelamar harus mematuhi deadline pendaftaran universitas.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com