Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Berduka Atas Wafatnya Mahasiswa Peserta Ekspedisi Surili

Kompas.com - 29/12/2023, 14:54 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - IPB University menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya salah satu mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University, Galang Edhy Swasono yang hilang di ekspedisi Studi Konservasi Lingkungan (Surili).

Galang yang berasal dari Banjarnegara merupakan angkatan 58 dan anggota Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova).

Baca juga: 6 PTN yang Buka Jalur Khusus Anggota Pramuka, Ada IPB, UNJ, UNS

Dia dilaporkan hilang saat kegiatan ekspedisi Surili di Cagar Alam (CA) Pulau Sempu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kini, Galang telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Dekan Fahutan IPB University, Prof. Naresworo Nugroho mengatakan jasad Galang ditemukan di Tanjung Semut berdasarkan informasi dari nelayan dalam keadaan meninggal dunia dan dievakuasi pada Jumat (29/12/2023), pukul 06.50 WIB.

"Jenazah kemudian dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar untuk dilakukan autopsi," kata dia dalam keterangannya.

Rektor IPB University, Prof. Arif Satria menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas berita duka ini.

"Keluarga besar IPB University turut berduka cita dan berbelasungkawa atas kejadian ini," ucap dia.

"Semoga keluarga, sahabat dan orang terdekat yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan atas kejadian ini. Doa terbaik kami, semoga Galang mendapat tempat yang layak di sisi-Nya," tambah Rektor IPB.

Baca juga: 15 Prodi IPB dengan Daya Tampung Besar Jalur SNBP dan SNBT

Rektor juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu melakukan proses pencarian Galang, di antaranya Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jawa Timur, Badan SAR Nasional (Basarnas), dan TNI Angkatan Laut.

Kemudian ada Polisi Air dan Udara (Polairud), Polisi Hutan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, BPBD Kabupaten Malang, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur, dan Perhutani.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah IPB Paling Diminati di SNBP 2023, Acuan Daftar 2024

Lalu ada Tim Rescue Pos SAR Trenggalek, Palang Merah Indonesia (PMI), PSR, MSR, IMPALA UNMER, PPMR, Rapi, WLP, Babinsa Sendang Biru, nelayan, keluarga korban dan pihak-pihak lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com