Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama BPS, Universitas Matana Kerek Literasi Data

Kompas.com - 27/12/2023, 20:38 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Matana merangkul Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang demi menghadirkan Pojok Statistik.

Keberadaan Pojok Statistik yang diinisiasi oleh Badan Pusat Statistik menandai langkah maju bagi Universitas Matana.

Di wilayah Kabupaten Tangerang, Universitias Matana menjadi satu-satunya universitas yang memiliki program studi (Prodi) Statistika.

Baca juga: Skor Literasi Membaca PISA 2022: Indonesia Turun 12 Poin

Kolaborasi ini juga menegaskan komitmen BPS dalam memberikan kontribusi yang signifikan bukan hanya kepada pemerintah dan masyarakat, tetapi juga dalam ranah akademis.

Rektor Universitas Matana, Franky Jamin mengatakan, di era digitalisasi saat ini penggunaan data berperan penting untuk berbagai bidang usaha serta pengambilan keputusan atau kebijakan publik.

Selain itu, data statistik juga memiliki manfaat untuk melihat pola perilaku masyarakat sebagai analisa tren di masa depan.

Dia berharap dengan adanya Pojok Statistik di Universitas Matana, dapat memotivasi seluruh sivitas akademika Universitas Matana bisa lebih gemar akan statistik dan memaknai data secara benar.

"Saya berharap data statistik dapat berperan dalam pembentukan keterampilan baru mahasiswa kita, terutama terkait literasi terhadap data, teknologi, dan manusia," kata dia dalam keterangannya, Rabu (27/12/2023).

Ketua Program Studi Statistika Universitas Matana, Bakti Siregar mengatakan Pojok Statistik telah menyediakan lima mahasiswa yang akan dibimbing langsung oleh BPS atau disebut dengan Agen Statistik.

Baca juga: Kisah Septiana Lahir dari Orangtua Tunanetra, Kini Lulus Cumlaude

"Universitas Matana sangat senang bisa bekerja sama dengan BPS khususnya untuk mendukung literasi Statistik. Artinya Pojok Statistik ini adalah ruang diskusi untuk mahasiswa mengolah dan mengambil data, bagaimana memanfaatkannya, serta mempelajari aturan-aturan dalam mempublikasikan data," jelas dia.

Pojok Statistik bukan hanya sekadar ruang fisik, tetapi juga merupakan representasi dari komitmen bersama untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan statistik dalam berbagai bidang.

Ke depannya, Pojok Statistik diharapkan akan menjadi tempat kolaborasi yang produktif antara Universitas Matana dan BPS Kabupaten Tangerang, menciptakan riset-riset yang inovatif, serta memperluas wawasan akademis dan praktis di bidang statistik.

Baca juga: Perpusnas: Penguatan Literasi demi Mengerek SDM

"Dengan langkah ini, Universitas Matana menegaskan komitmennya dalam memajukan pendidikan, riset, dan kontribusi terhadap pengembangan masyarakat melalui kemitraan yang erat dengan lembaga-lembaga terkait, seperti BPS Kabupaten Tangerang," pungkas Bakti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com