Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Duriatun Lolos Masuk PTN, Bisa Kuliah Gratis berkat KIP Kuliah

Kompas.com - 25/12/2023, 18:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lolos Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan mendapatkan beasiswa berhasil diraih oleh Duriatun, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Duriatun adalah salah satu mahasiswa yang bisa lolos UNY lewat jalur prestasi. Tidak banyak calon mahasiswa yang beruntung mendapat kesempatan ini karena kuota yang tersedia di PTN untuk jalur tersebut sedikit.

Selama sekolah, mahasiswa prodi Pendidikan Biologi FMIPA UNY ini harus mondok di Pondok Pesantren Roudhotul Falah karena letak sekolah yang jauh dari rumahnya, Sidareja.

“Sekolah dan pesantren mempunyai hubungan yang harus bisa disetarakan, dimana harus bisa membagi waktu antara di sekolah dan di pondok” tutur Duriatun, dilansir dari laman UNY.

Baca juga: Kisah Maria dari Papua, Lulus IPDN dan Raih Beasiswa LPDP ke Amerika

Menurut alumnus MAN 1 Cilacap ini, mondok justru awal dari suatu keberkahan ilmu yang sedang dicari supaya bermanfaat untuk esok hari.

“Alhamdulillah waktu kelas 12 saya terpilih untuk mengikuti tes masuk kelas prestasi yaitu kelas IPA 1, kesempatan yang sangat bagus dan tidak boleh disia-siakan. Kelas tersebut ada beasiswa, yang masuk dalam kelas ini bebas biaya administrasi yang bisa meringankan kedua orang tua” paparnya.

Untuk mencapai tujuan itu, pada kelas 10 dan 11 Duriatun fokus untuk pembelajaran dan mencari wawasan ilmu sendiri dari luar kelas. I

a juga melatih ilmu dan menambah pengalaman dengan mengikuti beberapa perlombaan mulai dari lomba puisi, quotes dan lomba lainnya yang semuanya membuahkan hasil dan bisa sebagai penunjang dan tambahan nilai plus untuk mendaftar SNBP.

Baca juga: Kisah Septiana Lahir dari Orangtua Tunanetra, Kini Lulus Cumlaude

Duriatun mengaku bukanlah siswa yang cerdas tetapi ia yakin dengan belajar secara tekun pasti bisa menambah ilmu karena semakin banyak belajar maka semakin menyadari bahwa masih banyak hal yang harus diketahui.

Anak pasangan Solihun dan Nurhayati Afidah tersebut juga berprestasi selama duduk di bangku sekolah.

Di antaranya meraih medali perak Olimpiade Sains Siswa Nasional pada mata pelajaran biologi serta meraih medali emas dan perunggu Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) pada mata pelajaran astronomi dan matematika.

“Astronomi adalah pelajaran yang saya tidak dapatkan di sekolah karena saya jurusan IPA, tetapi apa salahnya mencoba untuk menambah ilmu dan pengalaman saya. Semua itu sangat memberi ilmu dan pengalaman baru,” katanya.

 

Lolos SNBP dan dapat KIP Kuliah

Warga Dusun Ciparuk, Desa Kunci, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap tersebut terpilih sebagai siswa eligible yang berhak mengikuti jalur SNBP.

Gadis kelahiran Cilacap 7 Mei 2005 itu mengatakan, kelulusannya dalam SNBP selain nilai rapot juga berkat piagam Biologi peraih medali perak, Matematika peraih medali perunggu dan Astronomi peraih medali emas.

“Saat tim Universitas Negeri Yogyakarta bersosialisasi ke MAN 1 Cilacap, pada waktu itu saya langsung tertuju pada UNY dan menargetkan untuk bisa masuk UNY dengan jalur SNBP,” jujur Duriatun.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2024, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com