Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pecah Telur, Universitas Terbuka Kini Punya Doktor Ilmu Manajemen 

Kompas.com - 22/12/2023, 13:16 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Sidang Terbuka Tugas Akhir Program Doktor (TAPD) pertama kalinya untuk program studi (prodi) Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Rabu, (20/12/2023). 

Acara tersebut menandai akhir perjalanan akademik Mindarto Totok Oktaruna dengan TAPD berjudul "Evaluasi Kinerja Organisasi Sektor Publik Melalui Pendekatan Model Struktural di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP): Corporate University Sebagai Variabel Moderasi".

Ujian itu dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kantor Pusat Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan.

Wakil Rektor Bidang Akademik UT Mohamad Yunus bertindak sebagai Ketua Komisi Pengujian. Anggota Komisi Sidang, yakni Suliyanto dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Ali Muktiyanto dari UT sebagai penguji eksternal.

Tim pembimbing TAPD calon doktor yang terdiri dari Lijan Poltak Sinambela sebagai promotor, Zainur Hidayah sebagai ko-promotor 1, dan Martino Wibowo sebagai ko-promotor 2.

Baca juga: Universitas Terbuka Bakal Buka 8 Prodi Baru pada 2024

Lijan dalam pertanggungjawaban akademiknya sebagai promotor menyampaikan, hasil penelitian TAPD Mindarto Totok Oktaruna menunjukkan bahwa manajemen talenta, manajemen risiko organisasi, dan kesehatan organisasi berpengaruh positif terhadap corporate university. 

Kemudian, manajemen talenta, manajemen risiko organisasi, kesehatan organisasi, dan corporate university berpengaruh positif terhadap kinerja organisasi. 

Selanjutnya, corporate university memperkuat pengaruh positif manajemen talenta dan kesehatan organisasi terhadap kinerja organisasi.  

Namun, tema corporate university dalam penelitian ini belum mampu memperkuat pengaruh manajemen risiko organisasi terhadap kinerja organisasi.

Keberhasilan menyelesaikan ujian doktor oleh Mindarto Totok Oktaruna menjadi bukti dari keunggulan akademis dan kontribusi penelitian yang dibina UT. 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik Mohamad Yunus berharap, Totok Mindarto Oktaruna sebagai Doktor Pertama prodi DIM Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka akan memberikan semangat baru kepada para sahabat.

Baca juga: Cerita Wagimoen, Lulus dari Universitas Terbuka di Usia 84 Tahun

Tertuma bagi mereka yang sedang menempuh program doktor agar dapat menyelesaikan program doktornya tepat waktu. 

“TAPD dari Pak Totok Mindarto Oktaruna diharapkan tidak hanya di atas kertas saja, tetapi sebisa mungkin dapat diterapkan di BPKP Kepulauan Riau, tempat Pak Totok bekerja,” ujarnya dalam siaran pers. 

Ujian sidang tersebut juga dihadiri Paken Pandiangan, Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan UT Meirani Harsasi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UT, serta perwakilan dari Sekolah Pascasarjana Kristanti Ambar Puspitasari. 

Undangan dari akademisi yang turut hadir dalam ujian itu, antara lain Chanif Nurcholis, Ketua Senat UT Siti Julaeha, dan Kepala Pusat Penjaminan Mutu Angga Sucitra Hendrayana.

Hadir pula Direktur UT Batam Sri Sediyaningsih, Kepala Pusat Perpustakaan dan Kearsipan Ginta Ginting, serta Deputi Kepala Pengawasan BPKP Kepulauan Riau Raden Suhartono.

Ujian Sidang Terbuka TAPD Prodi DIM tersebut berlangsung dengan tanya jawab lancar dan memberikan insight baru.

Baca juga: Cerita Tina Toon Jadi Wisudawan Kehormatan Universitas Terbuka

Salah satunya adalah sebuah novelty dapat lebih bermanfaat apabila membawa implikasi positif bagi kemajuan instansi, masyarakat, dan bangsa. 

Hasil akhir Ujian Sidang Terbuka TAPD Prodi DIM itu menyatakan bahwa kandidat dinyatakan lulus dengan sangat memuaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com