Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditjen Kebudayaan Gelar "Festival Dongdala Budaya Desa" Lombok Timur

Kompas.com - 21/12/2023, 13:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek menggelar "Festival Dongdala Budaya Desa" di Desa Pringgasela Selatan, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, pada 16-23 Desember 2023.

Festival ini menjadi salah satu strategi mendukung program meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan pangan melalui pengembangan kebudayaan.

"Kegiatan ini dalam rangka menguatkan dan mendukung pemajuan desa. Begitu juga ntuk meningkatkan SDM generasi Pemuda untuk lebih peduli terhadap desanya," jelas Direktur Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Ditjen Kebudayaan Irini Dewi Wanti.

"Tidak kalah penting untuk mempererat kerukunan dan menjaga silaturrahmi antar warga desa. Menjaga dan melestarikan tradisi budaya khususnya dalam isu ketahanan pangan yang biasa dilakukan masyarakat secara turun-temurun," paparnya.

Berbagai kegiatan dalam festival ini antara lain; pembuatan janur, Bejabur/Begawe Kelem, Nyiru Jaja Bejangkonga, Nyiru Jaja Bejangkongan, Kesenian musik tradisional Klenang Nunggal Pancor Kopong, Tradisi Religi Zikir Saman, Pameran Budaya Desa Pringgasela Selatan, hingga Pameran Tenun.

"Tujuan lain kegiatan Festival dilaksakan yaitu terus mendukung Pembangunan Desa berkelanjutan dengan akar budaya yang kuat. Serta tercapainya kesejahteraan masyarakat di Desa Pringgasela Selatan," tambah Irini Dewi.

Dalam kesempatan sama, Koordinator Pokja Ketahanan Budaya, Syukur Asih Suprojo menjelaskan tema Festival Dongdala Budaya Desa “Sasaq Sela, Nggisin Gumi” yang mengandung makna keberagaman yang unik.

"Kegiatan ini menjadi ajang silaturrahmi antar warga, pelestarian budaya desa, dan sebagai pintu masuk dalam pengembangan desa berkelanjutan," jelas Syukur.

"Untuk festival kali ini akan mengangkat isu ketahanan pangan yang menjadi fokus dalam rangkaian acara yang akan digelar," jelasnya.

Tradisi merawat bumi

 

Syukur menyampaikan, festival mengangkat berbagai kebiasaan yang dilakukan masyarakat desa Pringgasela Selatan dalam merawat bumi beserta isinya.

"Artinya bahwa masyarakat Desa Pringgasela Selatan mempunyai cara atau tradisi tersendiri dalam mengelola serta merawat bumi dan berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang diwariskan oleh para leluhurnya," ujarnya.

Di samping itu kegiatan ini akan menjadi jembatan untuk mulai menumbuhkan kepedulian terhadap budaya yang ada di Desa Pringgasela Selatan sehingga tetap dapat dilestarikan oleh generasi yang akan datang.

Sebagai acara puncak akan digelar Apresiasi Desa Budaya (ADB) yang telah menjadi agenda tahunan program Pemajuan Kebudayaan Desa (PKD) dan telah digelar Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek sejak tahun 2021.

"PKD sendiri bertujuan membangun kemandirian, kesejahteraan dan penghidupan berkelanjutan yang bersinergi dengan berbagai sumber daya yang ada di desa," jelas Syukur.

"Melalui tahapan proses temu-kenali, pengembangan dan pemanfaatan yang dilakukan 315 desa peserta PKD mulai tahun 2021, diharapkan masyarakat desa mampu mandiri dan berdaya," lanjutnya.

Menurut Syukur, kegiatan ini menjadi bukti desa mampu membuat perencanaan pembangunan berbasis kebudayaan dengan narasi dan aktivitas kebudayaan, dengan sistem data kebudayaan yang melekat di dalamnya, termasuk legalisasi melalui Dokumen Pemajuan Kebudayaan Desa.

"Sedangkan apresiasi Desa Budaya menjadi wujud pengakuan dan penghargaan atas pencapaian yang telah berhasil dilakukan oleh desa dan masyarakat dalam menegaskan dirinya sebagai Desa Budaya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com