Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Daftar Perguruan Tinggi Negeri 2024? Ini Beda Jalur SNBP dan SNBT

Kompas.com - 07/12/2023, 10:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebentar lagi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNMPB) 2024 bakal dibuka. Peluncuran SNPMB 2024 bakal digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) pada 8 Desember 2023.

Mengacu pada tahun 2023, ada dua jalur yang dibuka lewat SNPMB. Pertama, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan kedua adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Sebelumnya, SNBP dikenal sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Lalu SNBT adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN. Pergantian nama ini diiringi dengan skema yang berbeda. 

Baca juga: Libur Panjang Siswa SD, SMP, dan SMA di Jakarta Mulai 16 Desember

Karena itu, menjelang pelaksanaan SNBP dan SNBT 2024, maka siswa SMA dan SMK perlu tahu apa bedanya SNBP dan SNBT untuk daftar tahun 2024.

Berikut 10 perbedaan SNBP dan SNBT yang dirangkum dari laman SNPMB BPPP pada Rabu (5/12/2023):

Perbedaan SNBP dan SNBT 

1. Sistem Seleksi

Sistem seleksi SNBP menggunakan nilai rerata rapor seluruh mata pelajaran, nilai rapor dan nilai mata pelajaran pendukung, dan prestasi lain yang ditetapkan PTN.

SNBP dikenal sebagai jalur nasional non tes. Hal ini berbeda dengan SNBT yang menggunakan hasil tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Persamaan dari kedua jalur ini, kedua sistem seleksi ini meminta portofolio bagi siswa yang memilih jurusan seni dan olahraga.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 di Universitas Prasetiya Mulya 2024

2. Waktu seleksi

SNBP memiliki jadwal seleksi yang dilakukan lebih dahulu daripada SNBT. Sesuai jadwal tahun 2023, rangkaian SNBP 2023 dibuka mulai bulan Januari dan siswa wajib untuk registrasi akun SNPMB. Lalu berakhir pada bulan Maret, yakni pengumuman hasil SNBP.

Sementara untuk UTBK SNBT, dibuka sekitar bulan Februari. Siswa yang tidak lolos SNBP bisa mendaftar UTBK SNBT.

Namun siswa yang diterima SNBP hendak mendaftar UTBK SNBT hanya karena tidak cocok jurusan yang dipilih, dilarang bahkan didiskualifikasi saat mendaftar UTBK SNBT. 

Baca juga: Daftar 94 Perguruan Tinggi Negeri di Seleksi Masuk PTN Jalur SNBP 2024

3. Peserta

Perbedaan besar lainnya antara SNBT dan SNBP adalah calon peserta yang boleh mendaftar.

Persyaratan peserta SNBP adalah siswa kelas 12 di SMA, MA, SMK dengan usia maksimal 25 tahun dan merupakan siswa yang lulus tahun 2023 atau pada saat penyelenggaraan SNPMB berlangsung.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com