Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Ingatkan Masyarakat Terus Dukung Perjuangan Palestina

Kompas.com - 30/11/2023, 20:01 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional dari FISIP Universitas Indonesia (UI), Prof. Evi Fitriani mengatakan, Universitas Indonesia (UI) sebagai institusi pendidikan mengingatkan masyarakat untuk terus mendukung perjuangan Palestina agar dapat berdaulat.

Dia juga mengingatkan untuk tetap berhati-hati dengan banyaknya bentuk dukungan solidaritas, salah satunya adalah ajakan untuk boikot.

Baca juga: Daya Tampung Jurusan Kedokteran di 7 PTN: UI, Undip, hingga Unhas

"Saya terus terang tidak mendukung boikot dan kita sebagai akademisi seharusnya hati hati," kata Prof. Evi dalam keterangan resminya, Kamis (30/11/2023).

Boikot itu, sebut dia, tidak efektif, karena yang akan kena justru orang-orang yang tidak bersalah.

"Apalagi boikot produk. Merek-merek itu rantainya sangat panjang, bahkan banyak juga keterlibatan masyarakat kita. Dan ini jadi masalah karena bukannya menolong justru kita malah menimbulkan masalah," ucap Evi.

Dosen dari Departemen HI UI, Broto Wardoyo mengatakan gerakan boikot yang dilakukan seharusnya tepat sasaran.

"Ada banyak daftar produk yang beredar selama ini, tapi tidak pernah ada kajian serius apakah benar produk tersebut terafiliasi dengan Israel atau tidak. Salah satu yang komprehensif menurut saya adalah daftar yang dikeluarkan oleh BDS," ucap Broto.

Pentingnya penelusuran yang komprehensif terhadap merek-merek yang beredar adalah untuk menghindari pihak-pihak yang dapat menunggangi isu boikot untuk kepentingan persaingan usaha.

Baca juga: Unusa Gapai Akreditasi Unggul dari BAN-PT hingga 2028.

Dukungan terhadap Palestina

Prof. Evi Fitriani menyatakan, UI mendukung perjuangan Palestina untuk berdaulat.

"Dukungan terhadap perjuangan Palestina bisa dilakukan melalui banyak hal termasuk melalui diplomasi, donasi, dan bantuan material kepada rakyat Palestina," ungkap dia.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun berterima kasih atas donasi dan dukungan pemerintah dan rakyat Indonesia terhadap Palestina.

"Dua penerbangan telah berangkat ke Al-Areesh, dan Presiden Jokowi ada di sana menghadiri penyerahannya. Dan donasi yang dikirim tentu akan membantu Palestina, khususnya rakyat di Gaza. Apapun yang kami terima, Alhamdulillah, kami bangga dan berterima kasih atas donasi tersebut," jelas Zuhair Al Shun.

Baca juga: Bertambah 1, Kini Ada 80 Perguruan Tinggi Berakreditasi Unggul BAN-PT

Untuk membantu Palestina, Keluarga Besar Departemen Hubungan Internasional (HI) FISIP UI juga menyerahkan donasi sebesar Rp 115 juta melalui Duta Besar Palestina untuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com