Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Akmil dan Akpol, Hanya Lulusan SMA/MA yang Bisa Daftar

Kompas.com - 30/11/2023, 06:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mendaftar di Akademi Militer (Akmil) atau Akademi Kepolisian (Akpol) ataubisa jadi pilihan bagus bagi lulusan SMA atau MA.

Dua pendidikan militer ini bahkan banyak diincar para siswa karena setelah lulus bisa memiliki pangkat yang mentereng.

Lulus dari Akpol langsung memiliki pangkat Inspektur Dua (Ipda) dan lulus dari Akmil langsung mendapatkan pangkat Letnan Dua (Letda).

Lantas sebenarnya apa perbedaan dari Akpol dan Akmil? Kompas.com rangkumkan beberapa hal yang menjadi pembeda antara Akpol dengan Akmil.

Baca juga: Berapa Lama Pendidikan Akpol dan Akmil? Simak Penjelasannya

Perbedaan Akpol dan Akmil

Akpol adalah sekolah lanjutan bagi lulusan sekolah menengah untuk mencetak perwira Polri. Siswa yang masuk Akpol, akan lulus menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun (8 Semester).

Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Lemdiklat Polri (Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri).

Setelah lulus, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IP). Durasi pendidikan Akpol paling lama dibandingkan jalur masuk Polri lainnya.

Pendekatan pendidikan di Akpol melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan. Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari di Akpol seperti:

  • Kriminologi Forensik.
  • Psikologi Forensik.
  • Hukum Perdata.
  • Kedokteran Forensik.
  • Sosiologi.
  • Beladiri Polri.

Syarat tinggi badan untuk mendaftar ke Akpol:

  • Tinggi badan minimal pria 165 cm
  • Tinggi badan minimal wanita 163 cm.

Sedangkan Akmil adalah perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh pemerintah Republik Indonesia. Lulusan Akmil akan diangkat menjadi perwira TNI Angkatan Darat (AD) yang mempunyai pangkat letnan dua.

Akademi Militer (Akmil) merupakan sekolah kedinasan milik Pemerintah RI yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional Republik Indonesia. Lama pendidikan Akmil ternyata sama dengan lama pendidikan Akpol, yakni selama 4 tahun.

Lulusan pendidikan Akmil adalah perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua sesuai korps/kecabangan masing-masing yang berkemampuan dasar jabatan golongan VIII setingkat komandan peleton dan memiliki kualifikasi akademis diploma IV (setara dengan Sarjana Strata-1) dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).


Baca juga: Cek Uang Pangkal Masuk SMA Taruna Nusantara Jalur Kontribusi Khusus

Program studi yang tersedia pada Akademi Militer berada pada jenjang Diploma IV atau DIV, antara lain:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com