Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Pimnas dan Manfaatnya? Mahasiswa Simak Informasinya

Kompas.com - 28/11/2023, 17:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan even resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional.

Tahun 2023 ini, Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi "Tuan Rumah PIMNAS ke-36". Kegiatan PIMNAS ke-36 akan dilaksanakan pada tanggal 26 November hingga 1 Desember 2023 di Kampus Jatinangor dan Dipati Ukur.

PIMNAS merupakan kompetisi tahap akhir dari program kreativitas mahasiswa (PKM), forum berskala nasional bagi mahasiswa untuk melakukan presentasi dan komunikasi melalui kreasi intelektual.

Para mahasiswa baru tentu penasaran apa itu PIMNAS dan apa manfaat yang bakal diperoleh jika mengikuti ajang bergengsi tersebut?

Baca juga: Ini 9 Bidang PKM yang Dilombakan di Pimnas Ke-36

Sejarah Pimnas

Dilansir dari laman PIMNAS 36 Unpad, Selasa (28/11/2023) cikal bakal PIMNAS bermula dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP) mahasiswa yang pertama kali digelar di Universitas Indonesia (UI) tahun 1988 silam.

Sebelum bernama PIMNAS, ajang kompetisi ini bernama Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM). Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM) pertama digelar di Universitas Indonesia (UI) tahun 1988 yang kemudian dihitung menjadi "PIMNAS" perdana.

Istilah PIMNAS pertama kali dipakai saat ajang ini digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor tahun 1990 (PIMNAS ke-3).

Selama 16 edisi awal dari tahun 1988 sampai 2003, tidak ada Juara Umum di ajang PIMNAS. Format Juara Umum baru ada pada edisi PIMNAS ke-17 tahun 2004 saat digelar di Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT-Telkom) Bandung.

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan event resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbud Ristek dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional.

Event ini merupakan salah satu penjabaran dari program Pusat Prestasi Nasional untuk menciptakan iklim akademis yang kompetitif di kalangan mahasiswa Indonesia.

Event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di perguruan tinggi yang ditetapkan Pusat Prestasi Nasional atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan perguruan tinggi.

PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Baca juga: Kapan LPDP 2024 Dibuka? Perhatikan Informasi Ini

Tujuan Pimnas

Ada beberapa tujuan PIMNAS ini rutin diadakan dan diikuti para mahasiswa. PIMNAS punya tujuan antara lain:

  • Wawasan: Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  • Evaluasi: Memberikan umpan balik terhadap proses belajar mengajar (PBM) di Perguruan tinggi.
  • Media dan sarana: Menjadi sarana komunikasi dan mempererat kerjasama antar mahasiswa se-Indonesia.
  • Kompetensi: Meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya.

Tujuan lain pelaksanaan PIMNAS bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan akademik mahasiswa, mengembangkan komunikasi ilmiah, memacu dan membudayakan kreativitas dan penalaran dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan PIMNAS yang diselenggarakan setiap tahun antara lain:

  • Meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan IPTEK;
  • Mengembangkan kemampuan ilmiah mahasiswa;
  • Meningkatkan mutu karya ilmiah mahasiswa;
  • Mengembangkan wawasan dan meningkatkan kedewasaan akademik mahasiswa;
  • Memantapkan jati diri intelektual mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah;
  • Sebagai bahan umpan balik evaluasi proses belajar mengajar;
  • Sebagai ajang latihan bagi generasi muda untuk tampil dalam forum ilmiah;
  • Mempererat ikatan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI

Finalis PIMNAs punya kesempatan lulus tanpa skripsi

Para finalis PIMNAS juga punya kesempatan lulus tanpa membuat skripsi. Seperti pengalaman Rizal Galih Pradana mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) yang lulus berkat menjadi finalis Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) dua kali berturut-turut yakni 2020 dan 2021.

Ia pun menggunakan kesempatan untuk rekognisi salah satu PKM menjadi pengganti skripsi dengan bobot 6 SKS dan mendapatkan nilai A.

Rizal juga merupakan juara I Pemilihan mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) UNS jenjang sarjana tahun 2021 ini merasa bersyukur kampusnya memberikan pengakuan terhadap prestasinya di Pimnas.

Baca juga: Unpad Resmi Buka Pimnas Ke-36, Diikuti 2.411 Peserta

Pimnas ke-36 Unpad masih akan berlangsung hingga awal Desember mendatang. Berikut jadwalnya:

  • Penilaian presentasi, pameran Teknologi, Lomba Non-PIMNAS, Bazaar PIMNAS: 28-29 November 2023
  • Sarasehan kemahasiswaan, kuliah umum, pameran teknologi, bazaar PIMNAS, penutupan PIMNAS ke-36: 30 November 2023
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com