Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Belajar Efektif untuk Persiapkan SNBT, Pelajar Wajib Tahu

Kompas.com - 27/11/2023, 15:20 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) telah menjadi metode seleksi penerimaan mahasiswa untuk masuk perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Agar bisa lolos seleksi dan masuk perguruan tinggi impian, maka calon mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk menempuh SNBT dengan baik.

Namun, kadang-kadang para pelajar kebingungan untuk mempersiapkan belajar SNBT mulai dari mana. Terlebih materi yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).

Baca juga: 8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Pelajar Saat Belajar UTBK

Dilansir dari lembaga bimbingan belajar, Zenius Education, Senin (27/11/2023), berikut ini 4 tips belajar efektif untuk belajar SNBT bagi pelajar.

1. Menentukan tujuan dengan jelas dan spesifik

Sebelum memulai belajar SNBT, ada baiknya untuk menentukan jurusan dan kampus yang ingin dituju. Dengan begini, kamu dapat mengatur prioritas materi yang dapat dipelajari secara signifikan dan mengetahui pembobotan jurusan pilihan.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, maka proses belajar yang dilakukan akan lebih terarah. Proses belajar yang lebih terarah tentu akan membuat pelajar lebih siap untuk menghadapi SNBT.

2. Menentukan waktu istirahat dan waktu belajar

Kebanyakan pelajar yang belajar SNBT sering melupakan waktu istirahat. Padahal waktu istirahat memiliki peranan penting dalam proses belajar. Dalam belajar, terdapat 3 tahapan yang perlu dilakukan, yaitu: akuisisi, konsolidasi, dan recall.

Akuisisi yaitu informasi baru masuk ke dalam otak. Konsolidasi yaitu proses memori menjadi lebih stabil. Selanjutnya, recall yaitu proses mengambil kembali informasi yang tersimpan.

Tahap akuisisi dan recall berlangsung saat kita bangun. Sedangkan tahap konsolidasi memori berlangsung saat kita tidur dengan cara menguatkan koneksi antara neuron.

3. Memahami konsep dasar materi terlebih dahulu

Dalam belajar SNBT, pelajar kerap belajar dengan menghafal tanpa memahami konsep dasar.

Materi dasar sebenarnya akan sangat berguna untuk belajar materi-materi lanjutan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Maka dari itu, sebaiknya konsep dasar ini diperkuat sebelum lanjut ke materi-materi tingkat lanjut.

Baca juga: 20 SMK Terbaik Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK, Ada 1 dari Luar Jawa

Apalagi, soal SNBT biasanya membutuhkan pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Untuk menjawab soal-soal ini, diperlukan pemahaman dan penerapan konsep dengan baik.

4. Fokus untuk kemajuan diri sendiri

Ketika belajar, setiap orang memiliki kebutuhan serta kecepatan belajar yang berbeda.

Meskipun demikian, seringkali pelajar merasa terbawa arus dengan cara belajar teman-teman mereka tanpa mempertimbangkan apakah metode tersebut sesuai dengan gaya belajar pribadi mereka atau disebut Fear of Missing Out (FOMO).

Terlalu banyak mengikuti gaya belajar orang lain dapat mengakibatkan ketidakefektifan dalam belajar.

Misalnya, ketika banyak teman yang mengikuti try out, kamu juga mengikutinya padahal mungkin kamu baru saja mengikuti try out yang lain.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 7 Gejala dan Tips Terhindar dari FOMO

Maka dari itu, penting untuk tetap fokus pada kemajuan dan tujuan belajar dari diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com