Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Nilai UTBK Tertinggi di Indonesia, Ini Cara Belajar Amadeo Yesa

Kompas.com - 10/08/2023, 08:54 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Amadeo Yesa berhasil nilai tertinggi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) se-Indonesia dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023.

Saat ini, Amadeo atau akrab disapa Deo, menjadi mahasiswa baru dari Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Sebelumnya, Deo bersekolah di SMA Katolik Rajawali Makassar.

Deo mendapatkan rerata nilai tertinggi, yakni sebesar 827,94 pada UTBK 2023 yang diikuti oleh 803.853 siswa Indonesia.

Sebelumnya, Deo juga pernah meraih sejumlah prestasi berkat kesenangannya belajar. Ia meraih medali perak dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kimia.

Baca juga: Ini Kisah Siswa MAN IC Serpong Peraih Nilai 1.000 pada UTBK 2022

Belajar sedikit tapi rutin

Saat ditanya terkait persiapannya menghadapi UTBK SNBT 2023, Deo bercerita kalau dirinya tidak memiliki strategi khusus.

Meski begitu, ia mengaku kalau dirinya rutin belajar setiap hari walau sedikit demi sedikit. Sehingga, sistem belajar kebut semalam tidak pernah ia lakukan.

“Saya lebih senang belajar sedikit demi sedikit namun kontinyu dibanding dengan belajar banyak tapi hanya sekali,” papar Deo dalam keterangan resmi ITS.

Selain rutin belajar setiap hari, Deo mengatakan juga banyak melakukan latihan soal guna memetakan mana saja materi yang belum ia kuasai.

Dengan kedisiplinan itu, Deo mengatakan tidak menemui kesulitan berarti selama menjalani tes UTBK walaupun substansi tes UTBK yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Pendaftaran S1 Kedokteran ITS 2023 Dibuka, Ini Biaya Kuliahnya

Bahkan, dari beberapa tes yang diujikan, Deo berhasil unggul pada kategori subtes Penalaran Matematika dengan raihan nilai sebesar 952,23.

“Kebetulan karena saya memang suka mata pelajaran matematika sejak dulu,” ungkapnya.

Berbekal minat dan bakatnya, Deo pun memilih jurusan Teknik Informatika.

Ia meyakini bahwa jurusan Teknik Informatika ITS merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

“Bahkan ketika saya sempat merasa bingung untuk memilih jurusan, saya sudah mantap memilih ITS sebagai kampus tujuan saya,” jelas Deo.

Deo berharap agar dapat menjalani perkuliahan dengan lancar.

“Saya juga ingin bisa terus mengembangkan minat dan kemampuan saya dalam mengikuti perlombaan serta olimpiade nantinya,” tutup Deo.

Baca juga: Binus Buka Beasiswa 2023, Bisa Kuliah Gratis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com