Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mengatasi Rasa "Insecure" pada Diri Siswa

Kompas.com - 23/10/2023, 08:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiap siswa punya kepribadian dan karakter yang beragam. Bagi siswa yang sering merasa insecure atau tidak percaya diri, akan memberi dampak tak bagus jika siswa terus menerus memiliki sifat seperti itu.

Siswa yang sering merasa insecure terhadap dirinya sendiri perlu yakin bahwa setiap orang punya sisi terbaiknya.

Masalah ketidakpercayaan diri atau rasa tidak aman terhadap diri sendiri adalah hal yang dapat memengaruhi banyak siswa di berbagai tahap pendidikan.

Ada banyak hal yang menyebabkan siswa merasa insecure pada dirinya sendiri. Mulai dari standar yang tidak realistis, pernah mengalami teasing atau pelecehan, pengaruh penggunaan media sosial, prestasi akademik yang kurang, memiliki perasaan tidak diterima atau tidak dicintai hingga mengalami gangguan kesehatan mental.

Baca juga: Mahasiswa, Seperti Ini Tanda Insecure dan Cara Mengatasinya

Tips mengatasi rasa insecure pada diri siswa

Dilansir dari sekolah Al Ma'soem Bandung, Senin (23/10/2023) membagikan 6 tips mengatasi rasa insecure pada diri siswa. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

1. Komunikasi terbuka

Bagi siswa yang sering merasa insecure atau kurang percaya diri adalah melakukan komunikasi terbuka. Mendengarkan siswa dengan penuh perhatian dan memberikan tempat yang aman bagi mereka untuk berbicara tentang perasaan mereka.

2. Mendorong kepercayaan diri

Orang dewasa di sekitar siswa bisa mengajari mereka untuk mengembangkan kepercayaan diri dengan cara mengenali kelebihan mereka dan menghargai pencapaian mereka.

3. Pendekatan positif

Siswa yang merasa insecure perlu dipuji agar makin memupuk rasa percaya diri mereka. Dengan sering memberikan pujian yang tulus untuk upaya dan pencapaian siswa, bahkan usaha kecil yang telah dilakukan.

Baca juga: Kuota Sekolah SNBP 2024, Ini Kriteria dan Syarat Daftar bagi Siswa

4. Bantuan psikologis

Jika perasaan tidak aman atau rasa tidak percaya diri sangat parah atau berlanjut, konsultasikan dengan seorang profesional kesehatan mental.

5. Pendidikan tentang kesehatan mental

Mengajari siswa tentang kesehatan mental dan bagaimana mengatasi tekanan dan rasa tidak aman dapat membantu mereka memahami perasaan mereka.

6. Lingkungan yang mendukung

Membangun lingkungan di sekolah dan di rumah yang mendukung perkembangan positif siswa dan membantu mereka merasa diterima.

Demikian informasi mengenai 6 tips mengatasi rasa insecure pada siswa. Perasaan insecure atau rasa ketidakpercayaan diri harus dibuang jauh-jauh.

Baca juga: Siswi TK Al Azhar 31 Yogyakarta Khatam Juz 30 Al Quran, Ini Rahasianya

Bahkan dengan dukungan yang tepat, siswa dapat mengembangkan kepercayaan diri yang lebih kuat dan mengatasi perasaan tidak aman mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com