Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Andaru Psikologi Untar
Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara

Kolom bincang masalah mahasiswa bersama Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara.

Andaru memiliki makna yang sarat akan kebahagiaan. Kolom ini mengajak pembaca membahas masalah seputar kehidupan mahasiswa, baik terkait akademik maupun non-akademik.

Bagi pembaca yang ingin berkonsultasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Pusat Bimbingan & Konsultasi Psikologi (PBKP) Untar melalui kontak: 081292926276, email layanan: konsul.psikologi@untar.ac.id

Fakultas Psikologi Untar memiliki program sarjana, magister, dan profesi.

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.1, Jakarta Barat. Website: http://untar.ac.id

Pengaruh Medsos Terhadap Rasa Insecure dan Kepercayaan Diri Remaja

Kompas.com - 06/07/2022, 20:14 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Editor Dian Ihsan

Oleh: Laura Gustina (Mahasiswa Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana Untar) | Dr. Raja Oloan Tumanggor (Dosen Fakultas Psikologi Untar)

KOMPAS.com - Perkembangan zaman menghasilkan inovasi baru dalam berbagai bidang termasuk teknologi informasi.

Teknologi informasi telah berkembang sangat pesat, hal ini dibuktikan dengan adanya kemudahan mengakses internet dalam penggunaan media sosial (medsos) yang mudah terhubung dengan banyak orang tanpa harus bertatap muka dan bisa membagikan informasi kegiatan sehari-hari melalui medsos.

Baca juga: Dokter Unair Ungkap 7 Gejala TBC dan Tahapan Pengobatannya

Media sosial adalah media digital sebagai tempat realitas sosial pada ruang waktu tak terbatas untuk saling berinteraksi dengan siapapun dan dimanapun.

Tidak dapat dipungkiri bahwa medsos mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan pada remaja sebagian besar aktivitas kehidupan anak remaja saat ini tidak dapat dipisahkan dari medsos.

Salah satu bentuk medsos yang seringkali digunakan anak remaja adalah Instagram yang digunakan untuk mengunggah foto dan video yang mereka sukai.

Selain itu terdapat juga fitur suka (like), fitur komentar yang dapat diakses oleh siapa saja. (Wiranata et al., 2022)

Masa remaja adalah masa mencari jati diri yang merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa.

Batasan usia remaja dapat dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:

  1. Usia 12-15 tahun termasuk remaja awal.
  2. Usia 15-18 tahun termasuk masa remaja pertengahan.
  3. Usia 18-21 tahun termasuk remaja akhir.

Remaja yang aktif di medsos biasanya digunakan untu mendapatkan informasi, mencari perhatian, meminta pendapat, dan mencari eksitensi terhadap teman sebaya.

Namun kerap kali dengan penggunanan medsos membuat remaja membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain yang sering dianggap sempurna dan tidak memenuhi standar-standar yang mereka ciptakan sendiri.

Tentu ini membuat kesenjangan bagi remaja yang menyebabkan rasa insecure dan kurangnya rasa percaya diri itu muncul.

Baca juga: Bertamu ke UB, BNPT Cegah Radikal di Lingkungan Kampus

Hal itu juga tidak heran karena sebagian besar pengguna medsos hanya menunjukan kesenangan, gaya hidup yang membuat banyak remaja merasa menuntut dirinya harus sama seperti itu.

Contohnya, dalam kehidupan remaja sering membuat beauty standard (standar kecantikan), seperti kulit putih, feminim, tubuh ideal, tinggi, gigi rapih, rambut hitam dan panjang, kulit yang tidak ada bekas luka, dan lain-lain.

Selain itu remaja juga sering mencipatkan standar gaya hidup hanya karena melihat dari medsos, gaya hidup yang terlalu hedonisme, mengikuti tren yang berlebihan, dan memaksakan diri untuk memenuhi kebutuhan social.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com