Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 6 Kelebihan PTS Dibanding PTN, Info Calon Mahasiswa

Kompas.com - 27/11/2023, 08:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UMN

KOMPAS.com - Lulusan SMA atau calon mahasiswa yang ingin lanjut kuliah tentu harus menentukan pilihan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS).

Tentu, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi, bagi yang lebih tertarik kuliah di PTS, maka harus tahu kelebihan kuliah di PTS.

Sebab, ada anggapan bahwa PTS itu sebagai cadangan bagi yang tidak diterima di PTN. Bahkan anggapan lain bahwa PTS kualitasnya kurang baik.

Padahal, ada banyak PTS yang kualitasnya bagus dan punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh PTN. Apa saja itu?

Baca juga: 6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), berikut beberapa kelebihan kuliah di PTS dibanding PTN.

Kelebihan PTS dibanding PTN

1. Bisa banyak menerima maba

Di PTN tentu ada kuota yang harus dipenuhi. Sedang di PTS justru lebih banyak menyediakan kuota untuk mahasiswa baru.

Andaikan kuota dalam satu kelas ini sudah full maka PTS punya kesempatan untuk membuka kelas baru. Sedangkan PTN akan sulit membuka kelas baru karena kuotanya sudah ditetapkan sebelumnya pada tiap jalur masuk.

2. Pendaftaran lebih lama

Jika di PTN, pembukaan pendaftaran dilakukan serentak. Tapi kalau di PTS pembukaan pendaftarannya bisa lebih lama dan ada banyak gelombang.

Terkadang ada juga PTS yang membuka pendaftaran lebih dahulu dibandingkan jalur masuk perguruan tinggi negeri.

Waktu yang lama ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa baru untuk cari-cari informasi soal jalur masuk universitas mana yang buka sambil menunggu pendaftaran atau pengumuman dari perguruan tinggi yang kamu tuju.

Baca juga: Ini Daftar Pemenang KMHE 2023, Banyak PTS Tak Mau Kalah

3. Jadwal kuliahnya fleksibel

Untuk kuliahnya, PTS punya jadwal yang lebih fleksibel. Atau PTS justru memberikan keleluasaan bagi mahasiswa ataupun karyawan sambil berkuliah. PTS menyediakan dua kelas dengan waktu yang beda.

Ada kelas pagi maupun kelas sore. Ada kelas reguler maupun paralel. Kelas reguler yaitu kelas yang kuliahnya dari Senin sampai Jumat pada jam pagi hingga siang.

Untuk kelas paralel biasanya diadakan di hari Senin hingga Jumat dari sore hingga malam. Ada juga kelas paralel yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu.

Jika kamu adalah seorang mahasiswa yang sedang bekerja sambil berkuliah maka PTS memberikan banyak kesempatan dalam mengatur waktu.

4. Fasilitas tak kalah dari PTN

Di PTS dengan biaya kuliah agak mahal, tentu fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap dan bagus. Fasilitas ini tentunya dapat menunjang proses pembelajaran selama di kelas dan pengembangan diri mahasiswa.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com