Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Doktor Pertama UT, Walikota Madiun Angkat Disertasi Kebijakan "Smart City"

Kompas.com - 21/11/2023, 15:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Walikota Madiun, Maidi secara resmi menyandang gelar doktor pasca lulus dalam Ujian Sidang Terbuka Tugas Akhir Program Doktor (TAPD) Universitas Terbuka (UT) yang digelar pada Selasa, 21 November 2023 di UT Convention Center, Tangerang Selatan.

Maidi menjadi lulusan pertama program doktoral (S3) UT dari program studi (prodi) Doktoral Administrasi Publik (ADP).

Dengan Nomor Induk Mahasiswa 530056736, Maidi mengangkat disertasi dengan tema "Model Evaluasi Kebijakan Smart City: Studi Kasus Kota Madiun”. Sebelumnya, Walikota Madiun ini juga telah lulus dalam sidang tertutup pada Jumat (3/11/2023) dengan tema disertasi yang sama.

Dalam konferensi pers, Maidi mengatakan seorang pemimpin akan semakin disempurnakan dengan ilmu yang dimilikinya.

"Ilmu itu menjaga seorang pemimpin. Maka siapapun yang ingin jadi pemimpin, dirinya harus menjadi pembelajar. Sebagai walikota saya ingin memberikan contoh bahwa ke depan kita harus menciptakan pemimpin yang lebih baik dari saya," ungkap Maidi.

Lebih jauh ia mengungkapkan pemilihan program S3 UT karena melihat fleksibilitas pembelajaran yang menjadi keunggulan UT.

"UT ada di mana-mana, UT bisa memberikan ilmu tidak pandang kita ada di mana dan kapan saja. UT bisa melayani kita, kesempatan ini harus digunakan meski di tengah kesibukan kita," pesannya.

Upaya meningkatkan daya saing SDM Indonesia

Dalam kesempatan sama, Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyampaikan, dalam usia UT ke-39 tahun dapat melahirkan seorang doktor yang sekaligus merupakan walikota.

"Ini adalah suatu kebanggaan ketika UT dipercaya pemerintah membuka program doktor setelah program magister. Dengan kerja keras, komitmen, dan konsisten, Bapak Maidi berhasil meraih gelar tertinggi," ungkap Prof. Ojat.

Baca juga: Cerita Ji Tae Warga Korsel Baru Lulus Doktor di UGM Raih IPK 3,84

Rektor UT berharap, "mudah-mudahan dengan lahirnya doktor baru ini akan memperoleh kemanfaatan dan keberkahan UT dalam berkontribusi bersama-sama dengan stake holder lain meningkatkan kualitas SDM agar SDM kita dapat sejalan dengan SDM-SDM negara maju."

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com