Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa di Turki Bentuk NYC Indonesia, Sandiaga Apresiasi Pemuda Diaspora

Kompas.com - 16/11/2023, 09:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Para mahasiswa serta diaspora yang tinggal di luar negeri terus memberikan sumbangsih pada tanah air Indonesia.

Hal itu bisa dilihat dengan dibentuknya sebuah organisasi kepemudaan di wilayah Turki. Yakni Indonesia National Youth Council (NYC Indonesia).

Adapun NYC Indonesia dan Turkiye Representative Board melaksanakan pelantikan pengurus dan dialog pemuda di gedung Pusat Pemuda Uskudar, Istanbul, Turki, Minggu (12/11/2023).

Pelantikan itu dihadiri oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, serta dihadiri secara langsung oleh Ketua NYC Indonesia Pusat, Tantan Taufiq Lubis yang datang dari Indonesia ke Turki.

Baca juga: Gelar Pameran di Turki, PPI Istanbul Kenalkan Seni Budaya Indonesia

Sandiaga beri apresiasi

Dalam sambutannya secara daring, Menteri Sandiaga menyampaikan dukungan terhadap pergerakan pemuda diaspora yang diinisiasi oleh NYC Indonesia di Turki.

"Saya mendukung penuh inisiasi yang akan dilakukan NYC Indonesia dengan mempromosikan pertukaran budaya serta memperkuat pertumbuhan ekonomi melalui perkuatan kreativitas dengan mempererat hubungan Indonesia dan Turki," Jelas Sandiaga.

Selain itu, Menparekraf juga mengajak semua yang hadir untuk memaksimalkan potensi ini sebagai platform untuk terus belajar dan berkembang serta membuka dialog lintas budaya serta berkolaborasi dan menciptakan masa depan dimana kreativitas tidak mengenal batas.

"Semoga usaha ini menjadi sorotan inspirasi dan membawa kita menuju Indonesia Emas 2045," tutup Sandiaga Uno.

Selain Menteri, acara ini juga dihadiri oleh seluruh pengurus NYC Indonesia ketua komunitas internasional dari Bangsa Moro, Malaysia, Thailand, serta Organisasi Mahasiswa Internasional IZU (Istanbul Sabahattin Zaim Univ).

Sejak diinisiasi hingga pelantikan ini, NYC Indonesia cabang Turki yang dipimpin oleh Fauzul Azhim telah memiliki pengurus sebanyak 43 orang yang tersebar di 13 kota seluruh Turki.

Baca juga: PPI UK Gelar Konferensi, Wadah Gagasan Pelajar untuk Bangun Indonesia

Adapun pelaksanaan kegiatan pelantikan diawali dengan acara Pra-Pelantikan pada 8 November dengan diadakan Dialog Kepemudaan mengenai Isu Palestina, Pilpres 2024.

Barulah pada hari pelantikan 12 November membahas tentang Peran Pemuda di dunia Internasional dan dalam negeri.

Pada Acara Dialog Kepemudaan mengundang narasumber dari pakar akademisi, Media, Politisi dan Aktifis dari kalangan Pemuda maupun Profesional.

Prosesi pelantikan dilakukan secara langsung oleh Ketua NYC Indonesia Pusat, Tantan Taufiq Lubis.

Tentu, pelantikan ini menandakan tonggak awal sejarah berdirinya NYC Indonesia di Turki yang berawal dari aspirasi pemuda diaspora.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com