Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milad Ke-66 Uhamka, Prof. Gunawan: Uhamka Bertekad Lahirkan Lulusan Berkompetensi Unggul

Kompas.com - 15/11/2023, 15:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam peringatan dies natalis atau milad ke-66 Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) Rektor Uhamka, Prof Gunawan Suryoputro menyampaikan berbagai capaian prestasi yang berhasil diraih dalam satu tahun terakhir.

Tahun ini, milad Uhamka mengangkat tema besar "Uhamka Mendidik: Ikhtiar Menyelamatkan Semesta". Acara puncak sidang terbuka milad ke-66 Uhamka diadakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka, Jakarta pada Rabu, 15 November 2023.

Dalam laporan tahunan Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro merefleksikan visi Uhamka menuju Prophetic Teaching University.

Di balik visi tersebut, Prof. Gunawan menegaskan Uhamka bertekad melahirkan lulusan berkompetensi unggul secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

"Sejak tahun 2020 lalu, Uhamka telah bertekad untuk menggaungkan visinya sebagai Prophetic Teaching University, nilai-nilai kenabian yang perlu kita tanamkan terhadap lulusan-lulusan Uhamka di masa depan," ujarnya.

Dalam laporannya, Rektor Uhamka mengungkapkan beberapa capain penting, diantaranya keberhasilan dalam mencapai integrasi keilmuan Al-Islam Kemuhammadiyahan, peningkatan pendidikan dan pengajaran, serta integritas sumber daya manusia Uhamka.

Capaian lain, lanjut Prof. Gunawan, dicapai dalam bidang kemahasiswaan, peningkatan mutu penelitian, peningkatan mutu pengabdian, produktivitas publikasi ilmiah, kolaborasi, kenaikan perankingan universitas, kekayaan intelektual, refleksi filantropi, pengembangan unit usaha dan bisnis, serta pembangunan berkemajuan.

"Laporan tahunan Uhamka 2023 ini merupakan pengingat dan pemacu dalam mewujudkan visi Propethic Entrepreneurial University 2044 melalui proses pengembangan kampus Islami, kurikulum; kualitas SDM pada dosen dan tenaga kependidikan, mutu penelitian, pengabdian, publikasi, dan inovasi," jelas Prof. Gunawan.

Misi menjadi Propethic Entrepreneurial University, lanjut Rektor Uhamka, juga akan didorong dengan melakukan kerja sama di dalam dan luar negeri, serta pengembangan usaha dan bisnis dalan menunjang pembinaan dan pelatihan entrepreneurship.

Milad ke-66 Uhamka turut dihadiri Agung Danarto (Ketua PP Muhammadiyah), Prof. Toni Toharudin (Ketua LLDIKTI Wilayah III), Prof. Dadang Kahmad (Ketua BPH) Uhamka, serta anggita BPPH Uhamka, di antaranya Anwar Abbas, Djali B. Sangadji, dan Nurhadi.

Baca juga: Dies Natalis Ke-69, UM Toreh Prestasi di Kancah Internasional

Selain Rektor, Sidang Terbuka Dies Natalis Uhamka juga dihadiri jajaran wakil rektor (warek) yaitu: Anisia Kumala (Warek I), Desvian Bandarsyah (Warek II), Prof. Nani Solihati (Warek III), Muhammad Dwifajri (Warek IV).

Turut hadir jajaran kepala biro dan lembaga, Direktur Pascasarjana, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi, serta segenap stake holder Uhamka, dan Keluarga Mahasiswa Uhamka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com