Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Besar UIN Jakarta Raih Habibie Prize 2023 di Bidang Ini

Kompas.com - 12/11/2023, 20:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kali ini, penghargaan Habibie Prize 2023 diberikan pada Guru Besar Filologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Prof. Dr. Oman Fathurrahman M.Hum.

Adapun guru besar UIN Jakarta ini jadi satu-satunya penerima penghargaan prestisius edisi 2023 untuk bidang Ilmu Filsafat, Agama dan Kebudayaan.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Prof. Oman dari Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc., di kantor BRIN Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Dalam sambutannya, Prof. Oman mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih atas anugerah Habibie Prize 2023 dari BRIN yang bekerjasama dengan Yayasan SDM-Iptek dan LPDP atas usulan PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UIN Jakarta, UKT Tertinggi Rp 45,7 Juta

"Saya merasa sangat terhormat menjadi menjadi salah seorang, bahkan ternyata jadi satu-satunya penerima Habibie Prize 2023," ujarnya, dilansir dari laman UIN Jakarta.

Tentu, penghargaan ini dia peroleh bukan semata-mata penghargaan untuk dirinya sendiri, melainkan juga pengakuan atas bidang ilmu Filologi yang memiliki tujuan mulia dalam menggali memori kolektif bangsa Indonesia dalam manuskrip.

"Ini juga penghargaan bagi para filolog dan para peneliti manuskrip yang istiqomah, serta para pemilik manuskrip yang sering bekerja menyelamatkan manuskrip dalam kesunyian," terangnya.

Sementara Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengungkapkan, anugerah Habibie Prize merupakan anugerah yang diberikan kepada para insan terpilih.

Tentunya yang telah bekerja keras membangun ekosistem kondusif bagi berkembangnya iptek dan inovasi di masyarakat.

Baca juga: 6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

Selain itu, anugerah juga diberikan guna mendorong anak bangsa agar menghasilkan karya terbaik untuk kepentingan bangsa.

"Maka diberikan penghargaan kepada individu yang sangat berjasa dalam penemuan, pengembangan, dan penyebarluasan berbagai kegiatan iptek dan inovasi serta berkontribusi bagi bangsa dan masyarakat," jelasnya.

Sedang Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar M.A., Ph.D., juga turut berbangga atas anugerah yang diraih Profesor Oman.

Menurutnya, Profesor Oman merupakan figur yang sangat layak menerima penghargaan tersebut mengingat konsistensi dan komitmennya dalam kegiatan keilmuan yang ditekuninya.

"Profesor Oman merupakan figur teladan, dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang sangat konsisten dan penuh komitmen dalam kiprah keilmuannya sebagai seorang Filolog," ungkapnya.

"Semoga konsistensi dan komitmennya diteladani para dosen-peneliti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta lainnya," harap Rektor UIN Jakarta.

Adapun untuk para penerimanya, penghargaaan diberikan untuk para ilmuwan yang dinilai berpengaruh di lima bidang ilmu.

Baca juga: Jadi Anak Kos? Ini 7 Cara Hidup yang Hemat

Kelima bidang ilmu itu ialah:

  • Ilmu Dasar
  • Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi
  • Ilmu Rekayasa
  • Ilmu Ekonomi, Sosial, Politik, dan Hukum
  • Ilmu Filsafat, Agama, dan Kebudayaan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com