Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Bagi-bagi "Golden Ticket" 2024 Tanpa Tes, Ini Caranya

Kompas.com - 12/11/2023, 10:09 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada golden ticket masuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tahun 2024 buat siswa SMA, SMK, MA.

Golden ticket ITS 2024 ini memberikan kesempatan bagi siswa lolos ITS tanpa tes. Namun untuk mendapatkan tiket ini siswa harus ikut Olimpiade Desain Produk Nasional.

Olimpiade ini dibuka oleh Departemen Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Despro ITS).

Kompetisi ini mengajak seluruh siswa-siswi SMA/SMK sederajat untuk meyumbangkan karya terbaiknya agar berkesempatan membawa pulang golden ticket.

Baca juga: 4 Beasiswa S2 Dalam Negeri Tanpa Syarat IPK

Kepala Departemen Despro, Bambang Tristiyono mengatakan, pemenang yang mendapatkan golden ticket dalam setiap kategori lomba ini akan diundang untuk menjadi mahasiswa Departemen Desain Produk Industri angkatan 2024.

Menurutnya, mereka yang menjuarai lomba ini sudah dapat membuktikan kemampuannya dengan cukup.

Seluruh peserta ditantang untuk membuat karya desain produk terbaiknya yang akan dilombakan melalui sebuah poster dan presentasi.

Peserta dapat membuat desain karya ini secara manual atau dengan aplikasi digital, menyesuaikan dengan preferensi masing-masing peserta.

"Jika menggunakan aplikasi digital, maka boleh didesain dengan aplikasi dua dimensi ataupun tiga dimensi,” terang lelaki asal Bojonegoro ini dilansir dari laman ITS.

Baca juga: ITS Kukuhkan 27 Guru Besar Baru, 11 di Antaranya Perempuan

Ia melanjutkan, lomba ini terbagi menjadi enam kategori dengan tema-tema tersendiri.

Keenam kategori tersebut adalah Jewelry Design Competition, Furniture Design Competition, Transportation Design Competition, Appliance Design Competition, Footwear Design Competition, dan yang terakhir adalah Bag Design Competition.

Walaupun keenam cabang kompetisi ini memiliki tantangan dan kriteria masing-masing, alur waktu di antara semua cabang tersebut tetap sama.

Pendaftaran dan pengumpulan karya telah dibuka sampai dengan 25 November 2023 dan para finalis akan diumumkan pada 5 Desember 2023.

Setelah itu, presentasi karya dan pengumuman pemenang akhir akan diadakan pada hari yang sama yaitu 18 Desember 2023 secara luring.

Bambang berharap, perlombaan yang telah terselenggara kali ketiga ini dapat mempromosikan dan menambah wawasan terkait Despro ITS kepada masyarakat luas, tak terkecuali siswa-siswi pendidikan menengah.

Baca juga: 6 PTS Murah di Jakarta, Calon Mahasiswa Cek Sekarang

“Semoga, kami bisa mendapatkan talenta-talenta terbaik yang sesuai dengan program studi Despro,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com