Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UAD Teliti Tanaman Ini Bisa Tangkal Radikal Bebas Asap Rokok

Kompas.com - 11/11/2023, 11:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan besar banyak menghirup udara dengan paparan toksikan tinggi.

Selain itu, ada pula asap rokok yang juga dapat mengganggu kesehatan. Maka dari itu, perlu upaya untuk menangkal radikal bebas di udara.

Terkait hal itu, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melakukan riset atau penelitian terhadap tanaman Songgolangit (Tridax procumbens L.).

Adapun riset tersebut merupakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Kemendikbud Ristek.

Baca juga: UAD-Pemda Kolaborasi Ciptakan Alat Pembakar Sampah Ramah Lingkungan

Tim songgolangit didampingi oleh dosen pendamping Haris Setiawan, S.Pd., M.Sc., diketuai oleh Aulia Syafadilla Azali, dan beranggotakan Diah Kartika Wardani, Intan Faya Nurazizah, Annisaa’ Nurrohiim yang berasal dari Prodi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi Terapan UAD.

Menurut Aulia, WHO menyatakan bahwa kurang lebih 90 persen populasi manusia yang hidup di daerah perkotaan besar menghirup udara dengan jumlah paparan toksikan tinggi, seperti paparan asap rokok.

Paparan asap rokok dapat menyebabkan terjadinya penurunan kualitas udara yang sehat.

Tim tersebut menggunakan tanaman songgolangit sebagai penangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan berupa flavonoid.

"Songgolangit merupakan tanaman liar yang belum banyak dimanfaatkan, oleh karena itu tim menggali potensi dari efektivitas songgolangit," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/11/2023).

Tim Songgolangit kemudian menggali potensi dan efektivitas songgolangit dapat dimanfaatkan bagi dunia kesehatan.

Baca juga: Seminar FH UAD: Pemilu 2024 Harus Lahirkan Pemimpin Berkeadilan

Yaitu untuk mengetahui pengaruh ekstra songgolangit terhadap perubahan histologi organ pernapasan serta dalam menurunkan kadar SOD dan MDA.

Selain itu bagi masyarakat dapat memberikan informasi bahwa tanaman songgolangit dapat dijadikan sumber bahan alami dalam menangkal radikal bebas yang ditimbulkan oleh asap rokok.

Dijelaskan Haris Setiawan, sudah banyak penelitian mengenai asap rokok, sehingga pihaknya harus menonjolkan songgolangit.

Tentunya sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dari asap rokok ditandai dengan meningkatnya kadar MDA dan menurunnya SOD yang dapat di uji melalui darah.

Selain itu, senyawa dari asap rokok dapat bersifat radikal bebas yang dapat mengganggu pertahanan antioksidan alami atau Superoxide dismutase (SOD) yang ada didalam tubuh.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com