Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Materi AI dalam Program Bangkit 2024, Segera Daftar

Kompas.com - 08/11/2023, 19:50 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada materi Artificial Intelligence (AI) dalam program Bangkit Academy 2024. Ketiga materi AI yang bakal diberikan meliputi Introduction to Artificial Intelligence, Applied Machine Learning hingga Generative Artificial Intelligence.

Program Bangkit 2024 adalah program kesiapan karier dari Google, GoTo, dan Traveloka. Dilansir dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (8/11/2023) berikut penjelasan mengenai materi Artificial Intelligence yang akan diberikan dalam program Bangkit 2024.

Baca juga: Pertama di Indonesia, 2 Kampus Asal Rusia Buka Kantor di ITS Surabaya

Materi AI di program Bangkit 2024

1. Introduction to Artificial Intelligence

Alur belajar Mobile Development dan Cloud Computing. Dalam program ini akan mengajarkan peserta membangun landasan kuat mengenai konsep Artificial Intelligence, Machine Learning dan Deep Learning.

Selain itu juga menghasilkan aplikasi yang lebih cerdas dan efisien dengan memahami cara bekerja AI.

Peserta juga diajak menjelajahi AI untuk membuka peluang kerja menarik. Peserta bisa menjadi Android Developer ataupun Cloud Engineer yang AI-compatible.

2. Applied Machine Learning

Alur belajar Mobile Development dan Cloud Computing. Peserta akan diajak memahami penerapan AI pada Android dan Google Cloud.

Mempelajari cara deploy model machine learning yang efektif dan efisien. Membangun aplikasi machine learning menggunakan layanan canggih. Portofolio ini akan membuat peserta makin kompetitif dan inovatif di pasar kerja.

Baca juga: Dosen Unesa Ungkap Bahaya Gunakan Kipas Angin dan AC bagi Kesehatan

3. Generative Artificial Intelligence

Materi AI ini akan menerapkan alur belajar Machine Learning. Peserta diajak memahami bagaimana model mempelajari data untuk ciptakan konten baru.

Selain itu juga menghasilkan data baru dengan kreativitas tinggi, serta memperluas potensi penggunaan machine learning di berbagai industri kreatif.

Peserta yang ikut program Bangkit 2024 dan mengikuti program ini akan menjadikan profilmu sebagai seorang machine learning engineer makin menarik.

Selain itu peserta juga akan mendapatkan bonus materi Cybersecurity (non-AI dan opsional).

Materi ini akan mempelajari Cloud Computing. Peserta diajak mempelajari serangan serta pelanggaran keamanan untuk melindungi data dan aplikasi di cloud.

Peserta pun bisa belajar meminimalisir risiko dengan identifikasi ancaman potensial sejak dini. Serta menggunakan cloud dengan lebih aman.

Peserta akan memiliki kompetensi yang makin dicari karena bisa menjaga kepercayaan, integritas serta ketersediaan data dan sistem.

Syarat daftar program Bangkit 2024

Untuk mengikuti program ini, peserta harus memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Mahasiswa berstatus aktif setara D3/D4/S1.
  • Berasal dari universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia yang terdaftar pada PDDikti.
  • Bagi mahasiswa setingkat D3, mahasiswa sedang menempuh minimal semester 4 saat program Bangkit 2024 Batch 1 dimulai.
  • Bagi mahasiswa setingkat D4/S1, mahasiswa sedang menempuh minimal semester 5 saat program Bangkit 2024 Batch 1 dimulai.
  • Berasal dari jurusan apa pun, termasuk jurusan non-IT dan non-teknik.
  • Belum akan dinyatakan lulus dari universitas sampai Juli 2024 mendatang.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran bisa dibaca di laman g.co/bangkit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com