Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Prospek Kerja Jurusan Teknik Metalurgi

Kompas.com - 06/11/2023, 18:16 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 SMA/SMK/sederajat yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, maka harus bersiap diri.

Salah satunya menentukan jurusan kuliah yang cocok dengan minat dan bakat. Jadi, memilih jurusan kuliah tidak bisa asal-asalan.

Bagi yang tertarik ambil Jurusan Teknik Metalurgi, maka harus paham seperti apa jurusan kuliah itu hingga prospek kerjanya nanti setelah lulus.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Bandung (ITB), pada proses perkuliahannya di Program Studi Teknik Metalurgi, maka nantinya akan belajar mengenai berbagai hal yang menarik.

Baca juga: Kamu Suka Menghitung? Cek 5 Jurusan Kuliah yang Cocok

Usai lulus kuliah, calon mahasiswa bakal memiliki pengetahuan tentang:

1. Memisahkan mineral berharga dari mineral pengotornya di dalam bijih hasil penambangan agar siap untuk diekstraksi secara teknis dan ekonomis.

Termasuk dalam proses tersebut misalnya pencucian batubara, pengambilan logam berharga dan memurnikannya menjadi logam murni, misalnya emas, perak, timah, tembaga, aluminium.

2. Memadukan logam dengan unsur lain membentuk paduan logam, misalnya baja, besi cor, paduan aluminium, kuningan, paduan nikel, superalloy.

3. Pembentukan logam serta memperbaiki struktur mikro paduan logam melalui perlakuan panas untuk mendapatkan sifat-sifat yang diperlukan dalam aplikasi.

4. Hubungan antara struktur mikro dengan sifat logam dan paduannya, misalnya pengaruh partikel karbida terhadap kekuatan dan ketahanan korosi baja.

Guna memberikan bekal pengetahuan praktek di industri, maka selama masa perkuliahan, calon mahasiswa akan diberi kesempatan paling sedikit dua kali untuk melakukan kunjungan ke industri.

Adapun kunjungan pertama setelah menyelesaikan kuliah pada tahun ke dua, yang disebut sebagai program Kuliah Kerja, dan pada akhir tahun ketiga yaitu melalui program Kerja Praktek.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Di program Kuliah Kerja maka hanya akan berkesempatan mengenal kegiatan di industri dalam waktu relatif singkat, yaitu hanya dalam waktu dua hari saja.

Sementara dalam kegiatan Kerja Praktek mahasiswa diharapkan dapat mengenal lebih jauh pekerjaan nyata di industri dengan terlibat langsung dalam aktivitas di industri selama kurang lebih satu setengah bulan.

Sedang selama mengikuti beberapa mata kuliah, mahasiswa juga akan mendapat kesempatan melakukan kunjungan (ekskursi) ke industri tertentu yang spesifik berkaitan dengan mata kuliah yang diajarkan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com