Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Dampingi Presiden Resmikan Pembangunan Dua Sekolah di IKN

Kompas.com - 04/11/2023, 11:30 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko widodo bersama dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim meresmikan pembangunan serta revitalisasi dua sekolah di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Rabu (1/11/2023).

Menurut Presiden Jokowi, pembangunan Nusantara Intercultural School (NIS) dan revitalisasi SD Negeri 020 Sepaku merupakan langkah awal untuk mewujudkan komitmen pemerintah dalam memberikan akses pendidikan bermutu.

Terlebih, ketika nanti masyarakat serta Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai bermigrasi ke IKN.

Baca juga: Seperti Ini Bentuk Kontribusi ITB untuk IKN

“Saya senang ini akan memperbaiki kualitas pendidikan tidak hanya di SD Negeri 020 Sepaku, tetapi kita juga sedang memperbaiki lima Sekolah Dasar (SD) yang lain di sekitar Ibu Kota Nusantara,” tutur Jokowi dalam sambutannya pada acara Groundbreaking Revitalisasi SD Negeri 020 Sepaku.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim, menjelaskan bahwa revitalisasi yang dilakukan di SDN 020 Sepaku juga bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan proses belajar mengajar.

“Saya yakin revitalisasi ini akan membuat proses belajar mengajar menjadi jauh lebih
aman dan nyaman,” ucap Nadiem.

Apalagi, SDN 020 Sepaku sendiri terletak di lokasi yang rawan banjir, sehingga ada kalanya proses belajar mengajar terganggu ketika banjir datang. Maka dari itu, pemerintah daerah beserta dengan Astra menggagas pembangunan kembali sekolah ini.

Tentunya lokasi pembangunan yang dipilih juga lebih aman serta didukung oleh fasilitas sarana dan prasarana yang lebih berkualitas.

Pembangunan kembali SDN 020 Sepaku ini juga mengundang antusiasme warga sekolah.

Baca juga: Mendikbud: Merdeka Belajar Jadi Praktik Baik Pengamalan Nilai Luhur Pancasila

Kepala SDN 020 Sepaku, Pujianto, mengungkapkan kegembiraan serta rasa syukurnya dapat memiliki sekolah dengan tampilan baru yang didukung dengan kualitas baik.

“Senang sekali, karena kondisi sekolah kami yang tidak layak, alhamdulillah kami bisa dapat sekolah yang (akan dibangun) luar biasa bagusnya,” ungkapnya.

Selain itu, salah satu murid kelas satu SDN 020 Sepaku, Fanaya Ashalina, juga turut bangga karena sekolahnya bisa terpilih dalam proyek revitalisasi.

“Rasanya senang dan bangga bisa punya sekolah baru. Semoga enggak banjir lagi, jadi bisa sekolah dengan nyaman,” seru Fanaya.

Mendikbudrisitek tekankan implementasi Kurikulum Merdeka

Pembangunan infrastruktur yang terus digencarkan oleh pihak swasta dan organisasi nonprofit di IKN juga diapresiasi oleh Mendikbudristek.

Meski demikian, dia juga menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com