Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

521 Beswan Djarum Ikuti Nation Building agar Siap Hadapi Bonus Demografi

Kompas.com - 28/10/2023, 09:55 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Untuk menghadapi era bonus demografi, para pemuda harus memiliki karakter unggul serta punya daya saing yang tinggi.

Hal ini bisa dimulai dengan kegiatan positif seperti yang dilakukan oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation.

Salah satunya kembali mengadakan Nation Building bagi 521 Beswan Djarum, sebutan bagi para mahasiswa penerima program Djarum Beasiswa Plus.

Menurut Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H. Serad, Djarum Beasiswa Plus angkatan ke-38 ini diikuti mahasiswa yang berasal dari 93 perguruan tinggi di Indonesia.

Baca juga: Ikut Magang Kampus Merdeka di DPR, Mahasiswa Melek Politik

Adapun rangkaian kegiatan yang diadakan pada 5–10 Oktober 2023 di Semarang dan Kudus, Jawa Tengah ini mempertemukan Beswan Djarum dengan para alumni serta tokoh-tokoh penting untuk berbagi pengalaman.

"Kegiatan ini bertujuan agar para Beswan Djarum berdaya saing tinggi, tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga berkarakter, peduli dengan lingkungan sekitar, cinta tanah air, sehingga nantinya siap menghadapi era bonus demografi," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/10/2023).

Agar siap hadapi era bonus demografi

Dijelaskan, Indonesia akan menghadapi era bonus demografi dalam beberapa tahun ke depan, tepatnya pada 2030 hingga 2045.

Generasi muda memegang peranan penting karena saat itu diperkirakan penduduk usia produktif mencapai hampir 70 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.

Bakti Pendidikan Djarum Foundation melalui program Djarum Beasiswa Plus senantiasa ingin mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu menguasai soft skills serta memiliki nasionalisme yang kuat.

"Oleh karena itu, setelah menjalani rangkaian pelatihan soft skills, para Beswan Djarum juga dibekali wawasan kebangsaan melalui kegiatan Nation Building ini, sehingga nantinya mereka mampu dan siap menghadapi berbagai tantangan dunia yang berubah begitu cepat, kompleks, dan tidak terprediksi," terang Primadi H. Serad.

Sedangkan puncak rangkaian kegiatan Nation Building mempersembahkan pementasan Malam Dharma Puruhita yang dibawakan oleh para Beswan Djarum dengan format pertunjukan kolosal dalam bentuk seni drama, tari, dan musik.

Baca juga: Fesyen dari Limbah Masker Ini Buatan Dosen dan Mahasiswa Polimedia

Melibatkan pegiat kreatif profesional seperti Ronald Soe dan Dennis Nussy, para Beswan Djarum berlatih untuk memberikan penampilan terbaik mereka dalam tema Tapak Jejak Nusantara.

Harapannya, mereka mampu menghayati semangat para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan serta mengharumkan nama tanah air.

Hal itu tentu selaras dengan pesan yang ingin disampaikan dalam rangkaian kegiatan Nation Building.

Fabian Hosea, salah satu Beswan Djarum dari Institut Teknologi Bandung mengungkapkan, rangkaian pembekalan yang diadakan oleh Djarum Beasiswa Plus membuat dia senang dan bangga.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com