Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Boneka Berbasis IoT untuk Terapi Wicara Anak Inovasi Mahasiswa Itera

Kompas.com - 21/10/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Itera

KOMPAS.com - Tak hanya untuk menimba ilmu, mahasiswa juga harus bisa membuat inovasi yang bermanfaat bagi banyak orang.

Seperti yang dilakukan tim mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera). Tim ini membuat terobosan dalam bidang terapi wicara anak dengan memanfaatkan teknologi boneka pintar berbasis Internet of Things (IoT).

Adapun tim mahasiswa Itera ini sukses mengiplementasikan boneka yang diberi nama BYVO boneka pintar Berbasis IoT pada Rumah terapi Al-Birru Rajabasa, Bandar Lampung, beberapa waktu lalu.

Dilansir dari laman Itera, Jumat (20/10/2023), tim yang mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa Karya Inovatif (PKM-KI) ini berasal dari Program Studi Teknik Biomedis yang diketuai oleh Erdyvania Apritrycia.

Baca juga: Cara Membuat Judul Skripsi yang Tepat

Sedang anggotanya Nur Aida Wasi’atu Sakdiah, Raditia Fath Karomatudzaky, Muhammad Thoriq dan Dhiyaa Rabbani dengan pembimbing dosen Prodi Teknik Biomedis Itera, Rudi Setiawan S.T., M.T.

Menurut Erdyvania inovasi terapi wicara ini mencakup penggunaan boneka pintar yang telah dilengkapi dengan teknologi IoT untuk membantu anak-anak yang mengalami speech delay.

Teknologi ini memungkinkan interaksi real-time dan memberikan umpan balik yang sesuai dengan perkembangan berbicara anak-anak, menciptakan pengalaman terapi yang lebih menarik dan efektif.

Dijelaskan, pihaknya bekerja sama dengan Rumah Terapi Al-Birru dalam terapi wicara anak menggunakan boneka pintar ini.

Boneka pintar tersebut dirancang khusus untuk menjadi teman berbicara anak, membantu memotivasi anak untuk berbicara, dan memberikan latihan-latihan wicara yang disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Tenyata, hasilnya cukup memuaskan. Yakni adanya anak yang menunjukkan beberapa respon seperti tepuk tangan, menggerakan badan hingga tertawa.

Hal Ini menunjukkan potensi besar dari penggunaan teknologi IoT dalam mendukung proses terapi dan perkembangan anak yang mengalami keterlambatan bicara.

"Kami sangat bangga melihat dampak positif yang dihasilkan dari pengimplementasian boneka," tuturnya.

Tentu, penggunaan Boneka BYVO ini telah membuka peluang baru serta potensi besar dari penggunaan teknologi IoT dalam mendukung proses terapi dan perkembangan anak yang mengalami keterlambatan bicara.

Maka dari itu, dengan adanya inovasi ini dia berharap bisa membantu masyarakat, khususnya anak-anak dengan kebutuhan khusus, dalam mencapai potensi optimal mereka.

Baca juga: 5 Manfaat TIK di Sekolah, Pembelajaran Lebih Menarik

Diharapkan pula inovasi ini akan terus dikembangkan dan diimplementasikan lebih luas. Serta memberikan manfaat yang signifikan bagi anak-anak yang membutuhkan bantuan dalam perkembangan komunikasi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com