Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eurasia Sesi Ketujuh FIS UNJ Angkat Pembelajaran Rekonsiliasi China, Jepang, dan Korea

Kompas.com - 26/10/2023, 20:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) kembali menggelar perkuliahan "The Eurasia International Course 2023" yang kali ini telah memasuki sesi ketujuh. Program ini merupakan kolaborasi FIS UNJ dengan The Eurasia Foundation (from Asia).

Kegiatan yang merupakan bagian upaya internasionalisasi FIS UNJ diharapkan dapat memperluas perspektif keilmuan sivitas akademika terkait transformasi masyarakat pascapandemi Covid-19 .

Sesi ketujuh "The Eurasia International Course 2023" diadakan secara hibrid di Kampus A UNJ Jakarta dan disiarkan melalui live streaming Youtube FIS UNJ pada 26 November 2023. Kegiatan kali ini diikuti sekitar 40 peserta terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum.

Sesi ketujuh perkuliahan internasional menghadirkan Changzoo Song dari University of Auckland, Selandia Baru. Song membawakan tema “Conflicts and Reconciliation in East Asia: China, Japan, and Korea”.

Dalam pemaparan yang berlangsung dua jam tersebut, Song menjelaskan awal mula terjadinya konflik antar ketiga negara tersebut, berikut momentum dan upaya rekonsiliasi yang dilakukan.

“Upaya rekonsiliasi tidak hanya dilakukan di level pemerintah melalui kerja sama dan diplomasi, melainkan juga di tataran individu,” jelas Song.

Song menegaskan, “kebencian itu tidak hanya merugikan orang yang dibenci, tetapi lebih merugikan pihak yang membenci.”

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) kembali menggelar perkuliahan sesi ketujuh The Eurasia International Course 2023 (26/10/2023).DOK. UNJ Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) kembali menggelar perkuliahan sesi ketujuh The Eurasia International Course 2023 (26/10/2023).

Koordinator Pelaksana Eurasia International Course 2023, Kurniawati memberikan apresiasi atas semangat dan partisipasi mahasiswa dalam enam sesi sebelumnya.

“Saya sangat bangga kepada teman-teman mahasiswa yang begitu bersemangat mengikuti kegiatan selama enam pertemuan ini. Saya harap semangat ini terus bertahan hingga pertemuan terakhir Eurasia,” ungkap Kurniawati.

Baca juga: Protes Kian Meningkat, Presiden Israel Imbau Rekonsiliasi

Dalam kesempatan sama, Pelaksana Tugas Dekan FIS UNJ, Firdaus Wajdi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara.

“Apresiasi yang tinggi saya sampaikan khususnya pada para narasumber yang berkenan berbagi perspektif keilmuan dengan kami,” ujarnya. Firdaus berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut demi mewujudkan perubahan positif di berbagai aspek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com