Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpar Buka Pendaftaran Maba 2024/2025, Tersedia Jalur Beasiswa

Kompas.com - 25/10/2023, 19:40 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Bandung, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) telah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2024/2025.

Jalur yang dibuka Unpar adalah jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

Bagi siswa yang mendaftar dan dinyatakan lulus seleksi nantinya akan mendapatkan beasiswa sampai dengan 50 persen berupa potongan biaya awal.

Pendaftaran program PMDK bisa dilakukan melalui laman https://pmb.unpar.ac.id/.

Baca juga: Telkom University Buka Pendaftaran Kuliah 2024, Ada Beasiswa

Unpar buka jalur PMDK 2024/2025

Pendaftaran jalur PMDK Unpar 2024/2025 ini dibuka mulai tanggal 14 September hingga 30 November 2023 pukul 23.59 WIB mendatang.

Adapun komponen biaya kuliah di Unpar terdiri dari biaya awal, biaya SKS (Satuan Kredit Semester), dan sumbangan solidaritas.

Sebagai informasi, Unpar menyediakan 18 program studi (prodi) jenjang S1 dan D3. Berbeda dengan jalur seleksi lain, pendaftar hanya dapat memilih 1 prodi dalam jalur PMDK ini.

Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur PMDK, harus memiliki nilai yang tidak kurang dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Dilansir dari laman resmi Unpar, Rabu (25/10/2023) berikut persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar jalur PMDK Unpar 2024/2025.

Baca juga: Tips Amel Carla, Lulus Kuliah 3,5 Tahun dari FH Universitas Indonesia

Syarat khusus daftar jalur PMDK Unpar 2024/2025

Bagi siswa yang ingin mendaftarkan ke beberapa prodi di bawah ini, harap memperhatikan beberapa syarat khusus berikut:

1. Program Studi Arsitektur: Mengirimkan hasil Gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.

2. Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro: Melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna.

3. Program Studi Hubungan Internasional: Untuk setiap uraian/motivasi/testimoni ditulis dalam Bahasa Inggris.

4. Program Studi Studi Humanitas (Integrated Arts) : Melampirkan portofolio karya yang pernah dibuat dan tulisan Esai sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.

Selain beberapa syarat khusus, berikut adalah beberapa dokumen yang harus disertakan untuk pendaftaran jalur PMDK:

  • Fotokopi rapor SMA kelas X dan XI (semester 1 dan 2).
  • Surat Keterangan Siswa Aktif (rekomendasi sekolah).
  • Bagi siswa sekolah internasional jika dinyatakan lolos, pada saat Daftar Ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA).
  • Siswa dengan ijazah Paket C jika dinyatakan lolos, pada saat Daftar Ulang wajib menyerahkan legalisir ijazah beserta fotokopi rapor kelas X – XII.
  • Membuat surat motivasi (motivation letter) dengan topik “Mengapa saya memilih UNPAR dan Alasan memilih Program Studi yang dipilih” yang ditulis tangan maksimal 500 kata dalam Bahasa Indonesia. Khusus untuk siswa atau siswi yang memilih Prodi Hubungan Internasional, wajib ditulis dalam Bahasa Inggris.

Baca juga: 5 Strategi Lolos SNBP 2024, Calon Mahasiswa Wajb Tahu

Semua rangkaian pendaftaran jalur PMDK tidak dipungut biaya. Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran mahasiswa baru Unpar 2024/2025, dapat dilihat melalui laman https://pmb.unpar.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com