Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musrenbang PKN 2023, Kemendikbudristek dan Bappenas "Akad Ijab Kabul" Paradigma Kebudayaan

Kompas.com - 21/10/2023, 07:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sebagai puncak kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023.

Musrenbang PKN 2023 digelar di Ruang Tamu Gedung Galeri Nasional, Jumat 20 Oktober 2023 dan akan berakhir 29 Oktober 2023.

Selain di Gedung Galeri Nasional, kegiatan PKN 2023 juga akan diselenggarakan 40 titik di Jabodetabek dengan 450 event dan diikuti 800 pelaku budaya.

Sebelumnya, rangkain PKN dimulai Bappenas dengan membuka "ruang tamu" Pekan Kebudayaan Nasional yang dibuka dengan "Akad Ijab Kabul" antara Kemdikbudristek dan Bappenas untuk menjadikan Kebudayaan sebagai paradigma utama dalam perencanaan pembangunan.

"Akad ijab kabul" sebagai langkah awal musrenbang para pelaku budaya untuk mendorong pemajuan budaya di Tanah Air.

Pemilihan gedung Bappenas karenadinilai sebagai poros utama penyusunan perencanaan pembangunan. Tempat itu juga sebagai turut serta ini merayakan panen raya kerja-kerja kebudayaan, sebagai rujukan untuk menyusun perencanaan pembangunan ke depan.

Seperti yang dikatakan Isma Ismail Hasani selaku pegiat dan pelaku budaya mengatakan dilakukan "AKad Ijab Kabul" adalah itikad awal bagaimana untuk duduk bareng dengan pemangku kebijakan diantara dari Bappenas dan Kemendikbudristek.

Langkah itu bertujuan bagaimana untuk melaksanakan perkembangan dan mengutamakan pemajuan kebudayaan pembangunan.

"Tempat ini dipilh sebagai langkah yang tepat bagaimana untuk melakukan pemajuan kebudayaan. Akad sebagai langkah mengawali musrembang kebudayaan ini," jelas Isma Ismail Hasani.

Disebutkan, Musrenbang PKN 2023 dilakukan selama 10 hari dan dihadiri pemaku kebijakan, pelaku budaya, dan pemerintah daerah.

Baca juga: Festival Kata Kota Kita Jadi Pembuka Pekan Kebudayaan Nasional 2023

 

"Ditempat ini lah kita akan mengaji dan mengondok tentang kebudayaan atau bermusyawarah dan diakhir hasil-hasil. Dan harapannya itu juga pikiran," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com