Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UGM Teliti Manfaat Daun Binahong Atasi Cedera Ginjal Akut

Kompas.com - 17/10/2023, 18:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Salah satu organ tubuh yang penting ialah ginjal. Sebab fungsinya ialah menyaring darah dari kotoran dan bahan beracun.

Jika ginjal bermasalah tentu akibatnya bisa fatal. Apalagi sampai gagal ginjal, maka diperlukan pengobatan hingga harus cuci darah.

Terkait cedera ginjal akut, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengungkapkan manfaat luar biasa dari daun binahong sebagai terapi potensial untuk mengatasi cedera ginjal akut.

Adapun penelitian ini diketuai oleh Zhafira Mafaz bersama rekan-rekannya, yaitu Astia Anelia, Zahira Shofa, Fadhil Maulana, dan Iffah Zakiya Yasmin.

Baca juga: Seperti Ini Drone Ambulans Gagasan Inovasi Mahasiswa Itera

Para peneliti di bawah bimbingan dr. Nur Arfian, Ph.D., ini berasal dari lintas jurusan di UGM, termasuk Kedokteran, Biologi, dan Farmasi, yang berkolaborasi untuk mengeksplorasi peran atau manfaat daun binahong dalam bidang kedokteran.

Dilansir dari laman FKKMK UGM, Selasa (17/10/2023), proyek ini telah diajukan sebagai bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Riset Eksakta (PKM-RE).

Dari pendanaan Kemendikbud Ristek tersebut, memungkinkan mereka untuk melakukan eksperimen dan analisis yang mendalam terkait manfaat potensial daun binahong dalam mengatasi cedera ginjal akut.

Menurut Zhafira Mafaz, cedera ginjal akut adalah kondisi medis serius yang dapat terjadi akibat sejumlah faktor, seperti transplantasi, kehilangan darah yang parah, penyakit jantung, kanker, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Cedera ini dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal yang dapat mengancam nyawa pasien. Hingga kini, terapi cedera ginjal akut terutama berfokus pada perawatan medis konvensional, seperti dialisis dan pengobatan suportif.

Dari penelitian tersebut, daun binahong menunjukkan potensi luar biasa sebagai terapi tambahan dalam mengatasi cedera ginjal akut.

"Daun binahong, yang telah dikenal dalam pengobatan tradisional, mengandung senyawa-senyawa aktif yang dapat memiliki efek terapi pada ginjal dan proses penyembuhan," ujarnya.

Untuk hasil penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak daun binahong dapat mengurangi peradangan dan kematian sel ginjal pada model hewan percobaan.

Selain itu, daun binahong juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi ginjal dari kerusakan lebih lanjut.

Tentunya dari temuan ini memberikan landasan yang kuat untuk penelitian lebih lanjut. Penelitian dapat dijadikan landasan untuk melanjutkan penelitian ini ke tahap lebih lanjut.

Baca juga: PNJ Inovasi Genteng dari Limbah Plastik, Harga Lebih Murah

"Jika berhasil, penggunaan daun binahong sebagai terapi tambahan untuk cedera ginjal akut dapat membuka pintu bagi pengobatan yang lebih efektif dan berkelanjutan untuk pasien yang terkena dampaknya," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com