Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Manajemen FEB Ukrida Raih Akreditasi Unggul

Kompas.com - 12/10/2023, 11:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana (FEB Ukrida) meraih akreditasi Unggul dari asesmen Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hasil peningkatan akreditasi Prodi Manajemen Ukrida menjadi Unggul berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 3920/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/X/2023.

Sebagai informasi, akreditasi Unggul merupakan peringkat akreditasi tertinggi bagi perguruan tinggi maupun program studi. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi.

Ketua Program Studi Manajemen Ukrida, Daniel Widjaja (12/10/2023) mengatakan, Prodi Manajemen Ukrida telah melakukan proses konversi dari akreditasi A menjadi Unggul pada tahun 2023.

Proses konversi ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap penilaian internal dan tahap penilaian eksternal.

Daniel Widjaja menjelaskan, beberapa strategu dilakukan pihaknya untuk meningkatkan kualitas dalam mendukung proses konversi dari A menjadi Unggul, di antaranya meningkatkan kualitas dosen tetap, meningkatkan kualitas kurikulum, meningkatkan kualitas penjaminan mutu, dan meningkatkan kualitas penelusuran lulusan.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Ukrida, Soegeng Wahyoedi mengatakan, ”peringkat akreditasi Prodi Manajemen yang diperoleh tahun 2020 adalah A dengan menggunakan instrumen tujuh standar."

Dengan dikeluarkannya instrumen akreditasi IAPS 4.0 oleh BAN-PT menggunakan sembilan kriteria, maka peringkat akreditasi ditetapkan menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Prodi yang belum menggunakan IAPS 4.0 dapat melakukan konversi peringkat melalui Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Kampus Swasta Indonesia Akreditasi A

Program Studi Manajemen Ukrida mengajukan ISK dan diterima oleh BAN-PT, sehingga peringkat akreditasi dikonversi dari A menjadi Unggul. Penyesuaian peringkat ini menaikkan skor akreditasi dari 3,5 (A) menjadi skor 4,0 (Unggul).

Skor ini tentunya mendukung upaya Ukrida meraih peringkat akreditasi Unggul tahun mendatang.

Pjs. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ukrida, Lambok D.R. Tampubolon, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini, serta berharap prestasi terus diwujudkan dalam peningkatan karya dan kompetensi dosen, serta seluruh pendukung akademik.

“Hasil ini merupakan kerja tim dimana dalam prosesnya memang memerlukan konsentrasi penuh, dan pencapaian ini memperkuat komitmen kami untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi melalui program studi,” demikian Pjs. Dekan FEB Ukrida.

Dalam kesempatan sama, Rektor Ukrida Wani Devita Gunardi dengan gembira mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Prodi Manajemen dan FEB, serta mengatakan pencapaian ini menjadi kebanggaan bagi seluruh sivitas akademika Ukrida.

Selain itu, Rektor Ukrida juga mengharapkan pencapaian peringkat akreditasi Unggul ini juga diikuti oleh program studi lain di Ukrida. Ia menyampaikan, rencapaian akreditasi universitas yang Unggul tidak terlepas dari pencapaian akreditasi program studinya.

"Harapan ke depan dengan akreditasi Unggul dari Prodi Manajemen akan mendukung Ukrida mencapai visinya menjadi perguruan tinggi yang Unggul di tahun mendatang," ujar Rektor Ukrida.

"Dalam upaya mencapai akreditasi Program Studi Manajemen yang Unggul, universitas telah memfasilitasi untuk dapat memenuhi persyaratan atau kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh BAN-PT," tambahnya.

Baca juga: 4 Cara Mudah Cek Akreditasi Sekolah

"Perolehan akreditasi Unggul oleh Program Studi Manajemen Ukrida menjadi prestasi yang melahirkan tanggung jawab untuk meningkatkan terus kualitas pembelajaran, serta mendukung Ukrida ke arah akreditasi universitas yang juga Unggul," kata Wani Devita Gunardi menutup penjelasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com