Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Lembaga Internasional Segera Akreditasi 60 Prodi UIN Jakarta

Kompas.com - 11/09/2023, 08:49 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 60 program studi (Prodi) milik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan meraih akreditasi internasional dari dua lembaga.

Kebijakan akreditasi internasional dinilai jadi bagian penting dari implementasi kebijakan internasionalisasi UIN Jakarta.

Baca juga: UIN Jakarta Tambah 10 Guru Besar Baru dari Banyak Bidang Ilmu

Ketua LPM UIN Jakarta, Dr. Khamami Zada mengungkapkan, kedua lembaga akreditasi internasional itu adalah ACQUIN (The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute) dan ASIIN (Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences).

Keduanya merupakan lembaga akreditasi internasional terkemuka yang banyak melakukan akreditasi internasional di sejumlah perguruan tinggi dunia.

"Tahun ini, kita mengarah pada ASIIN dan ACQUIN, keduanya berbasis di Jerman. Kita siapkan beberapa prodi. ASIIN untuk prodi rumpun eksakta, sedangkan ACQUIN untuk prodi-prodi rumpun non-eksakta," ucap dia dikutip dari laman UIN Jakarta, Senin (11/9/2023).

Rinciannya, lanjut dia, total prodi yang bakal diakreditasi ASIIN mencapai 13 prodi, sedangkan yang akan diakreditasi ACQUIN mencapai 47 prodi.

Sesuai rumpun ilmunya, akreditasi ASIIN menyasar prodi-prodi, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

"Sedangkan yang ACQUIN menyasar prodi-prodi, seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, dan sebagainya," ucap dia.

Kepala Pusat Audit dan Mutu Akreditasi LPM UIN Jakarta, Jejen Jaenudin menambahkan, proses akreditasi internasional 60 prodi UIN Jakarta baik oleh ASIIN maupun ACQUIN terus dilakukan.

"Tanggal 20 Agustus 2023, semuanya sudah submit draft dan di-review dari masing-masing lembaga akreditasi yang keduanya berbasis di Jerman," ungkap dia.

Untuk ASIIN, sebut dia, feedback pengajuan akreditasi internasional 13 prodi sudah dikembalikan. Itu akan menjadi kebutuhan final submitt pada akhir September 2023.

Baca juga: Siswa SD-SMA Libur 2 Minggu pada Akhir Tahun 2023, Catat Tanggalnya

Sementara untuk 47 prodi ACQUIN juga telah memberikan feedback, agar bisa dilukan review kembali melalui aplikasi Trello.

"Para penulis akan diberikan akses ke aplikasi Trello. Posisi para ketua klaster saat ini menyiapkan apendiks untuk final submission akhir September nanti," jelas dia.

Pihak ACQUIN, sambung dia, telah menjadwalkan visitasi pada Februari 2024. Sedangkan ASIIN pada November dan Desember 2023.

Ketua LPM Khamami menjelaskan, akreditasi internasional merupakan program penting demi menjadi universitas bertaraf internasional.

"Selain riset, publikasi, juga akreditasinya. Jadi ini adalah upaya internasionalisasi UIN Jakarta," tambahnya.

Untuk itu, dia berharap proses akreditasi internasional pada 60 prodi ini didukung seluruh sivitas akademika UIN Jakarta.

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Banyak Jurusan Lulusan S1 dan S2

"Ini bagian dari upaya kita menaikkan kelas bahwa kita sudah masuk level global," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com