Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Prodi Fakultas Psikologi Unpad Raih Akreditasi Internasional FIBAA

Kompas.com - 04/10/2023, 18:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak empat program studi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga "Foundation for International Business Administration Accreditation" atau FIBAA asal Jerman.

Empat prodi dari Fakultas Psikologi Unpad yang berhasil meraih akreditasi dari FIBAA antara lain:

  • Sarjana Psikologi
  • Magister Psikologi
  • Magister Profesi Psikologi
  • Doktor Psikologi.

Empat prodi tersebut berhasil meraih akreditasi berdasarkan hasil asesmen yang dilakukan secara luring pada 20 – 21 Juni 2023 lalu.

Dekan Fakultas Psikologi Unpad Zahrotur Rusyda Hinduan mengatakan, proses akreditasi internasional ini bukan sekadar mendapatkan predikat terakreditasi internasional.

Baca juga: Cerita Jerhemy Owen Kuliah di Belanda, di Kelas Ada Sofa hingga Tenis Meja

Banyak mendapatkan masukan positif

Lebih dari itu, pihaknya untuk mendapatkan masukan (feedback) dari pihak luar, khususnya dari pihak internasional.

"Kami ingin mengetahui kalau praktik Tridarma yang selama ini dilakukan sudah sesuai standar internasional atau belum. Untuk itu, kami beranikan diri untuk mengajukan," kata Rosie seperti dikutip dari laman Unpad, Rabu (4/10/2023).

Pada saat proses asesmen dilakukan, Fakultas Psikologi Unpad banyak mendapat masukan positif untuk pengembangan fakultas ke depan.

Salah satu saran positif adalah membedakan jalur masuk antara lulusan psikologi dan non-psikologi.

Perbedaan jalur masuk tersebut, lanjut Rosie, memiliki konsekuensinya. Lulusan dari non-psikologi akan mendapatkan materi dasar, sedangkan dari lulusan psikologi akan mendapatkan materi lebih kompleks. Perbedaan ini diharapkan akan menghasilkan lulusan yang secara kualitas setara.

"Jadi metodologinya harus lebih diperbanyak untuk mereka yang dari non-psikologi," imbuhnya.

Fakultas Psikologi Unpad sendiri telah banyak menjalin kerja sama dengan pihak asing.cDi bidang pembelajaran, Fakultas Psikologi Unpad telah membuka kerja sama Double Degree Doktor dengan Maastricht University.

Baca juga: Tambah 7, Unair Sudah Punya 350 Guru Besar

Selanjutnya, direncanakan akan membuka program serupa dengan Universiti Malaya.cDiharapkan dengan adanya akreditasi ini, proses kerja sama akan berjalan makin baik.

"Salah satu tantangan sebelumnya dalam kerja sama pendidikan adalah standar di kita seperti apa? Kami berpikir bahwa kurikulum di Fapdi harus distandardisasi agar bisa terstandar internasional. Untuk itulah kami ajukan akreditasi internasional," urainya.

Baca juga: 10 Jurusan S2 dengan Gaji Paling Tinggi di Luar Negeri

Dimulai sejak 2021

Rosie menambahkan, proses pengajuan akreditasi FIBAA dilakukan sejak Oktober 2021. FIBAA dipilih karena menjadi salah satu lembaga akreditasi internasional yang diakui pemerintah.

Rosie mengungkapkan, FIBAA merupakan lembaga yang khusus melakukan akreditasi untuk bidang ilmu sosiohumaniora.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com