Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Prospek Kerja Jurusan Teknik Geospasial di SMK, Gaji Bisa Rp 5 Juta Lebih

Kompas.com - 08/10/2023, 15:37 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah kamu, ada satu jurusan SMK dengan jenjang karier tinggi yang bisa dipilih.

Pernahkah kalian mendengar istilah juru ukur? Juru ukur adalah salah satu profesi yang berkaitan erat dengan SMK Jurusan Teknik Geospasial.

Saat ini profesi juru ukur sedang banyak diganderungi oleh generasi muda, terutama bagi mereka yang tinggal di wilayah dekat pertambangan.

Selain sumber daya manusianya banyak dibutuhkan, profesi juru ukur juga menawarkan gaji yang begitu menjanjikan. Gaji juru ukur berada di kisaran Rp 4-6 juta per bulan. Tetapi prospek kerjanya bukan hanya juru ukur saja.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Langsung Cepat Dapat Kerja

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Rahmat Indra Lianto, Ketua Program Jurusan Teknik Geospasial, SMKN 15 Samarinda, Kalimantan Timur akan memberitahu siswa terkait empat profesi menjanjikan buat Jurusan Teknik Geospasial. Ini daftarnya.

1. Land Surveyor

Seorang surveyor bertugas untuk melaksanakan survei pengukuran di lapangan dan menyusun laporan dalam bentuk gambar dan data.

“Pekerjaan seorang surveyor ini melakukan pengumpulan data koordinat atau posisi suatu titik di permukaan bumi melalui pengukuran sudut, jarak, dan lainnya,” ucap Rahmat.

Gaji land surveyor sendiri mencapai Rp 8 juta per bulan.

2. Operator SIG

Operator sistem informasi geografis (SIG) bertugas mengumpulkan, membangun, mengelola, dan menyajikan dalam bentuk informasi data spasial. Secara khusus operator SIG memiliki spesialisasi dalam analisis, kartografi, hingga manajemen data. Gaji operator SIG juga tinggi. Bisa di atas Rp 5 juta.

3. Drafter

Drafter adalah profesi yang berkaitan erat dengan bidang gambar-menggambar. Seorang drafter bertugas untuk membuat gambar pelaksanaan atau asdrawing sebagai acuan pelaksanaan pekerjaan pembangunan di lapangan. Gajinya pun bisa mencapai Rp 5 juta bahkan lebih.

“Seorang drafter akan bertugas mempersiapkan berbagai gambar yang berkaitan dengan kerja teknik, di mana gambar ini bertujuan untuk mempermudah pembentukan berbagai objek yang terdapat di dalam gambar tersebut,” ucap Rahmat. 

4. Operator Drone

Seorang operator drone bertugas untuk merencanakan penerbangan melakukan pengolahan data foto udara dan melaksanakan pengontrolan kualitas terhadap data yang diperoleh.

Gaji operator drone memang beragam. Sama dengan keempat profesi di atas. Ada yang mencapai Rp 5 juta bahkan lebih.

Baca juga: 9 Skill yang Harus Dimiliki Mahasiswa, Nomor 2 Wajib!

Itu dia empat profesi menjanjikan buat kalian yang sedang mendalami Jurusan Teknik Geospasial. Kira-kira sudah ada bayangan belum dari keempat profesi tersebut mana yang cocok untuk kalian?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com