Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Dapat Beasiswa ke Luar Negeri dari Awardee LPDP

Kompas.com - 30/09/2023, 09:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuliah di luar negeri menggunakan beasiswa menjadi hal yang diidam-idamkan mahasiswa.

Dengan kuliah di luar negeri, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dan tentunya nilai plus di mata perusahaan saat mencari pekerjaan.

Ada beberapa tips mendapat beasiswa ke luar negeri yang bisa dicoba langsung oleh para mahasiswa.

Salah satu alumnus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Ahmad Abdullah Zawawi yang juga menjadi penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membagikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Baca juga: 4 Beasiswa untuk Kuliah di Binus University, Bisa Bebas Uang Pangkal

Tips dapat beasiswa ke luar negeri

Tips dari seorang yang sudah berhasil mendapatkan beasiswa ke laur negeri ini bisa menambah wawasan saat kamu mencoba mendaftar suatu program beasiswa.

Ahmad Abdullah Zawawi saat ini masih menempuh studi magister di Universitas Sydney, Australia.

Dia mengatakan, semua orang punya kesempatan yang sama untuk bisa kuliah di luar negeri. Termasuk bagi yang underprivileged. Kuncinya ada pada kemauan, kerja keras, dan konsisten.

Menurutnya, kuliah di luar negeri, bukan untuk gagahan, tetapi benar-benar sebagai jalan untuk meningkatkan kompetensi dan memperdalam disiplin keilmuan yang diminati.

"Ada banyak benefitnya kuliah di luar negeri. Baik itu dari aspek pengalaman, jaringan, kemampuan bahasa, bahkan karir," kata Ahmad seperti dikutip dari laman Unesa, Jumat (29/9/2023).

Berkat kerja kerasnya, Ahmad berhasil diterima di 4 kampus top dunia. Berikut tips dari Ahmad yang bisa dipraktikkan mahasiswa untuk mendaftar beasiswa kuliah ke luar negeri.

Baca juga: CPNS Dosen Kemendikbud 2023: Ini Cara Daftar dan Syaratnya

1. Persiapan sejak awal kuliah

Dia menyarankan, agar persiapan itu mulai sejak awal perkuliahan. Kamu bisa belajar kemampuan bahasa asing (Inggris) dengan mengikuti kursus dan tes kemampuan bahasa asing secara berkala.

Ini penting dilakukan, mengingat kualifikasi utama beasiswa di luar negeri yaitu kemampuan bahasa asing yang disyaratkan di negara atau kampus tujuan. Dengan persiapan sejak awal, seseorang bisa lebih siap dan mudah meng-apply beasiswa yang dituju.

2. Latihan komunikasi

Tips berikutnya dari Ahmad bagi mahasiswa yang ingin mencari beasiswa untuk kuliah di luar negeri adalah terus melatih diri dalam hal komunikasi dengan aktif dalam berbagai kegiatan di kampus atau organisasi.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com