Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Lolos Beasiswa Chevening 2024, Kuliah S2 Gratis di Inggris

Kompas.com - 27/09/2023, 17:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Chevening 2024 masih dibuka hingga 7 November 2023.

Jika kamu ingin kuliah S2 di Inggris secara gratis dan dapat uang saku, maka jangan terlewat untuk mendaftar beasiswa Chevening 2024.

Bagi mahasiswa yang mendaftar beasiswa Chevening 2024, perlu tahu tips lolos dari salah satu awardee beasiswa Chevening 2024 yang kini kuliah di University of Cambridge.

Dilansir dari akun Instagram kursus bahasa Inggris khusus study overseas, @kobieducation, Rabu (27/9/2023) membagikan tips lolos beasiswa Chevening 2024 dari Nariswari, salah satu awardee beasiswa Chevening.

Baca juga: 10 Kampus Top di Inggris buat Daftar Beasiswa Chevening 2024

Tips lolos Beasiswa Chevening 2024

Beasiswa Chevening 2024 ini termasuk beasiswa dengan angka penerimaan yang kecil yaitu hanya 2 hingga 3 persen pendaftar yang bisa lolos.

Menurut Nariswari, salah satu kunci penting mendapatkan beasiswa Chevening 2024 adalah esai yang ditulis. Nariswari pun membagikan tips membuat esai untuk mendaftar beasiswa Chevening 2024.

1. Memahami diri dengan mendalam

Dia menerangkan, mahasiswa yang mau mendaftar beasiswa Chevening 2024 perlu memahami dengan baik apa yang memotivasi dirimu, apa tujuan yang diingin dicapai, masalah apa yang ingin kamu atasi dan bagaimana kuliah di universitas akan memberikan dalam signifikan dalam hidupmu.

"Dengan mengenali dirimu dan apa yang kamu inginkan, akan lebih mudah untuk mengarahkan tujuanmu dan menjadikannua dasar yang kokoh dalam esaimu nanti," kata Nariswari.

2. Otentik dan jujur

Semua yang ditulis dalam esaimu harus benar-benar berasal dari dirimu sendiri. Hindari menyajikan informasi yang tidak benar. Hal yang diceritakan dalam essai juga harus sesuai dengan kenyataan yang dialami.

Baca juga: Syarat Masuk MAN Insan Cendekia Serpong, Sekolah Terbaik di Indonesia

3. Menerapkan metode STAR

Gunakan metode STAR (Situationm Task, Action dan Result) untuk menjawab pertanyaan dalam esai kamu secara jelas dan terstruktur.

Metode ini sangat disarankan oleh pihak Chevening. Pastikan semua aspek pertanyaan tercakup dengan baik dalam pendekatan STAR ini.

4. Elemen penting dalam esai

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com