Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tipe Orang "Green Flag" yang Perlu Ada di Sekitar Mahasiswa

Kompas.com - 24/09/2023, 19:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat menjadi mahasiswa, kamu akan bertemu dengan banyak orang dengan beragam karakter.

Bagi mahasiswa penting untuk menjaga lingkaran pertemanan agar tidak terbawa ke pertemanan yang negatif.

Pasalnya, jika mahasiswa terbawa ke lingkaran pertemanan negatif akan berdampak buruk ke perkuliahan. Seperti, malas masuk kuliah hingga yang paling parah terjerumus menggunakan narkoba.

Untuk itu, mahasiswa harus mengindari orang-orang red flag dalam lingkaran pertemanannya karena akan membawa aura negatif yang akhirnya berdampak tidak bagus. 

Dan seharusnya, mahasiswa harus pintar memilih teman di lingkungan green flag yang bisa membawa kamu ke arah positif.

Baca juga: Jadi Mahasiswa Baru? Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan

Tiga tipe orang green flag yang perlu ada di sekitarmu

Ada 3 tipe orang atau teman yang bisa membawa kamu ke arah positif bahkan menjadi orang yang sukses.

Lantas apa saja tiga tipe orang green flag yang perlu ada di sekelilingmu?

Dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek, Minggu (24/9/2023) membagikan informasi mengenai tiga tipe orang "green flag" yang akan membawa kamu sukses.

Bahkan tiga tipe orang green flag juga masuk dalam buku Big Potensial dari Shawan Achor. Jadi apa saja tiga tipe orang green flag? Berikut informasinya.

1. The Pillars

Tipe orang green flag yang pertama adalah The Pillars. Tipe ini adalah orang-orang yang bisa jadi bahu bersandar dan selalu mendukung ketika situasi sedang sulit.

Mmereka adalah keluarga, sahabat atau teman yang selalu ada di saat kita sedang merasa kesulitan.

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi di 2 PTS Terbaik di Indonesia

2. The Birdges

Tipe orang green flag yang perlu berada di lingkaran pertemananmu adalah tipe The Bridges. Tipe imi adalah orang-orang yang bisa menhubungan kita dengan kesempatan-kesempatan baru. Misalnya mentor atau rekan di organisasi, komunitas dan yang lainnya.

3. The Extenders

Tipe orang green flag berikutnya adalah orang-orang yang akan mendorong kita keluar dari zona nyaman, melakukan hal yang menantang diri agar menemukan pengalaman baru yang positif.

Contohnya mentor atau atasan yang menantang kita untuk menyelesaikan suatu proyek yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Serta bisa saja berperan menjadi rival dalam suatu kompetisi yang mendorong kita mengerahkan segala kemampuan yang ada pada diri kita.

Baca juga: Syarat Masuk MAN Insan Cendekia Serpong, Sekolah Terbaik di Indonesia

Demikian tiga tipe orang green flag yang perlu ada di sekitar para mahasiswa. Dengan keberadaan orang-orang dengan tipe seperti ini akan membantumu mengembangkan potensi hingga bisa menggapai sebuah kesuksesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com