Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2023, 17:39 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pengurus Pusat Asosiasi Floorball Indonesia (AFI) Tahun 2023 melakukan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada 14 September 2023 di Aula Latief Hendraningrat, Kampus UNJ, Jakarta.

Munaslub dihadiri perwakilan AFI dari berbagai provisi Indonesia, pengurus pusat dan pengurus harian. Turut hadir Sekretaris Jenderal KONI Pusat, Lukman Djayadikusuma.

Prof. Sukendro, Plt Ketua Umum PP AFI dalam laporan menyampaikan, tahun 2023 terjadi pergantian kepengurusan yang sebelumnya dijabat Rektor UNJ Prof. Komarudin .

"Akhirnya kami sebagai Plt mencari figur, siapa yang layak sebagai penggantinya, kemudian dapat satu sudah digiring eh lepas lagi. Tapi di penghujung akhirnya kami dapat atas bantuan dari Dekan FIK UNP dan akhirnya dapat seseorang nahkoda yang cocok untuk AFI ke depan," jelas Prof. Sukendro.

Prof. Ganefri yang juga Rektor UNP serta Ketua Forum Rektor se-Indonesia akhirnya menjadi Ketua Umum PP AFI.

"Jadi secara latar belakang kita tidak perlu meragukan lagi. Semoga Munaslub dapat berjalan dengan lancar dan memohon untuk Pak Sekjen dapat memberikan wejangan untuk kami semua," ungkap Prof. Sukendro.

Sementara itu, Lukman selaku Sekretaris Jenderal KONI Pusat dalam sambutannya mengatakan, dirinya senang akan Munas kali ini yang tampak bahagia dan bersahabat penuh persatuan.

"Dan ini yang kami harapkan di olahraga. Saya mengapresiasi kerja keras bapak/ibu dalam membina olahraga floorball Indonesia, dan hari ini olahraga floorball menghadapi agenda penting yaitu Munaslub yang agenda utamanya memilih Ketua Umum Pengurus Pusat AFI untuk beberapa tahun ke depan," ungkap Tb Lukman.

Tb Lukman juga mengajak untuk menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan yang saat ini KONI pusat sedang mengalangkan tema  “Bersatu dan Berprestasi”.

Pemimpin yang nanti terpilih harus bisa mempersatukan dan merangkul pihak yang berpotensi meningkatkan prestasi floorball di Indonesia. Organisasi yang sehat dan solid akan mampu melaksanakan program kerja yang baik," ujarnya.

"Pertama yang akan di lakukan PP AFI tentu bersama Pemprov, Pemkab Dan Pemkot untuk melakukan sosialisasi olahraga floorball dan menyamakan visi dan misi PP AFI sendiri," tegasnya.

"Masyarakat yang memahami harus bertambah waktu ke waktu serta diperlukan juga pembinaan yang baik disertai kompetisi yang berkualitas dan berkesinambungan, floorball akan mengikuti ekshibisi pada PON ke-21 di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024," lanjutnya.

"Untuk itu dipersiapkan sebaik-baiknya agar sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi. Dan tentu jangan pernah Lelah berkarya untuk Indonesia melalui olahraga, karena bicara olahraga kita bicara merah putih," pungkas Tb Lukman.

Prof. Ganefri, Ketua Umum Terpilih AFI menyampaikan visi misi, yakni visi ke depan untuk mengembangkan olah raga floorball Indonesia untuk mencapai prestasi unggul dengan pembinaan berbasis IPTEK, dan Iklim organisasi yang solid dan profesional mendukung Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Daftar 10 Tim Olahraga dengan Valuasi Paling Tinggi di Dunia

Sementara itu, Abdul Sukur selaku Ketua Harian Pengurus AFI yang juga Wakil Rektor UNJ Bidang Kemahasiswaan dan Alumni mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kehadiran para pengurus AFI di UNJ.

 

"Semoga dengan kegiatan Munaslub ini dapat terus memajukan prestasi floorball Indonesia, baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu juga semoga olah raga ini dapat lebih digemari oleh masyarakat Indonesia," ungkap Abdul Sukur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com