Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Galeri PTJJ 2023", Rektor UT: Pendidikan Terbuka Jarak Jauh Jadi Tren Masa Depan

Kompas.com - 07/09/2023, 16:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PRI-PTJJ) dari Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka mengadakan kegiatan Gelar Hasil Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh atau Galeri PTJJ.

Acara yang diadakan pada 7 September 2023 di UT Convetion Center ini mengangkat tema besar “Kreativitas dan Orisinalitas Emerging Technologies untuk Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh”.

Memasuki tahun kedua, Galeri PTJJ tidak hanya menampilkan inovasi dari para dosen UT melainkan juga melibatkan perguruan tinggi lain, mitra, sekolah, serta dunia usaha dunia industri (DUDI) yang fokus pada teknologi untuk pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Terdapat 40 stan berasal dari berbagai pihak baik UT maupun mitra, di antaranya Pusdatin, SMA Neger 2 Tangerang Selatan, SMK Negeri 17 Jakarta, Artificial Intelegence Center Indonesia (AICI), Universitas Indonesia, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Metanesia dari PT Telkom Indonesia, Huwawei Indonesia, dan Festivo.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat menyampaikan, Galeri PTJJ menjadi sebuah jawaban dalam menjawab berbagai tantangan pendidikan tinggi jarak jauh yang akan menjadi tren pendidikan di masa depan.

"Ini merupakan tradisi baru UT yang sudah dilaksanakan sejak tahun lalu. Tahun ini kita melibatkan pihak-pihak luar UT yang punya passion yang sama melakukan riset dan inovasi dalam konteks peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan jarak jauh," ungkap Prof. Ojat.

Model tren pendidikan masa depan

Pada kesempatan ini, lanjut Prof. Ojat, inovasi-inovasi hari ini didorong oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. "Dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mengakselerasi inovasi pembelajaran jarak jauh," ujar Rektor UT.

"Pendidikan tinggi jarak jauh merupakan tren masa depan. Itu yang sedang kita rasakan saat ini. UT setelah pandemi Covid-19 memiliki peran strategis membantu Pemerintah dan komunitas pendidikan tinggi Tanah Air mengembangkan dan mengelola pendidikan jarak jauh," ungkap Prof. Ojat.

Dalam kesempatan sama, Kepala Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Prof. Daryono berharap, Galeri PTJJ dapat menjadi show case dan tempat bertemunya produk inovasi PTJJ dan dunia pendidikan lain serta DUDI.

Prof. Daryono juga menyampaikan, Galeri PTJJ 2023 terbagi dalam dua klaster yakni; (1) Klaster Knowledge Metaverse terkait dengan AI (artificial intelligence), VR (virtual reality), dan lainnya; (2) Klaster Access for Open Distance Higher Education.

Baca juga: 5 PTN Buka Program Double Degree, Lulus Kuliah Punya Dua Gelar

"DIharapkan dari Galeri PTJJ ini akan menjadi sebuah katalis dari perubahan pembelajaran yang keberlanjutan melalui pendidikan jarak jauh," tutup Prof. Daryono.

Hilirisasi riset dan inovasi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com