Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dies Natalis Ke-39, UT Kembali Gelar Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional

Kompas.com - 26/08/2023, 19:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) kembali mengadakan "Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor Universitas Terbuka 2023". Pembukaan turnamen digelar pada 25 Agustus 2023 di UT Convention Center, Tangerang Selatan.

Mengangkat tema "Mewujudkan Sportivitas dan Kreativitas untuk Indonesia Maju", Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor UT 2023 ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan dies natalis ke-39 UT.

Total peserta mendaftar dalam turnamen tahun ini tercatat sebanyak 553 orang dari berbagai provinsi, terdiri dari para pelajar maupun mahasiswa putra-putri.

Terdapat delapan kategori turnamen, yaitu Kategori U 11 Putra, Kategori U 11 Putri, Kategori U 15 Putra, Kategori U 15 Putri, Kategori U 18 Putra, Kategori U 18 Putri, Kategori Mahasiswa, dan Kategori Mahasiswi.

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat menjelaskan, selain bertujuan memperkenalkan UT kepada kaum muda khususnya siswa SMA maupun mahasiwa, Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor UT 2023 juga bertujuan mencari bibit-bibit baru para atlet muda tenis meja.

"Diharapkan perhelatan Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor UT 2023 ini menjadi momen untuk menghasilkan bibit-bibit unggul baru dan menjadi pengalaman menarik bagi peserta muda dalam Turnamen Tenis Meja ini," ungkap Rektor UT.

Dalam kesempatan sama, Ketua KONI Tangsel Letkol (Purn.) Mohamad Hamka Handaru memberikan apresiasi kepada UT yang berkomitmen melaksanakan Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor UT sejak tahun 2013.

Baca juga: Kisah Zidan, Siswa Disabilitas Raih Medali Ajang Tenis Meja di Jerman

"Secara umum ini menjadi bentuk dukungan kami kepada UT dan masyarakat sekitar untuk pendidikan dan olahraga, khususnya di olahraga tenis meja," ungkap Hamka Handaru.

Direktur Institutional Banking, Hakim Putratama mewakili Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) yang menjadi pendukung utama kegiatan ini menyampaikan hal ini menjadi bentuk kolaborasi nyata BTN dan UT dalam mendukung prestasi olahraga nasional.

Konferensi pers Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor Universitas Terbuka 2023 pada 25 Agustus 2023 di UTCC, Tangerang Selatan.
DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR Konferensi pers Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional Piala Rektor Universitas Terbuka 2023 pada 25 Agustus 2023 di UTCC, Tangerang Selatan.

"Ini adalah sebuah kolaborasi kami sebagai pembina olahraga prestasi. Kegiatan nasional pelajar adalah momentum paling bagus untuk mendapatkan bibit pemain yang mudah-mudahan dapat terus berkarier mengharumkan nama daerah dan nasional," ungkapnya.

Ketua Turnamen Tens Meja Pelajar Nasional (PTMSI) Tangsel Lilik Hanafi mengungkapkan, selama ini UT telah berkiprah dalam mengembangkan tenis meja nasional baik secara langsung maupun perannya sebagai pendidikan tinggi.

Baca juga: Liga Tenis Meja Indonesia Siap Digelar, Total Hadiah Rp 2,5 Miliar

"Secara pendidikan dengan model pendidikan terbuka UT jadi solusi bagi atlet-atlet dengan keterbatasan waktu melanjutkan ke pendidikan tinggi," jelas Lilik Hanafi.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga menjadi katalisator dalam percepatan regenerasi atlet tenis meja dalam mempersiapakan POR Provinsi di mana Tangerang Selatan akan menjadi tuan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com