Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Jurusan Teknik Industri Banyak Diminati Calon Mahasiswa

Kompas.com - 25/08/2023, 21:56 WIB
Theresia Aprilie,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jurusan Teknik Industri menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati di berbagai perguruan tinggi.

Jurusan yang menggabungkan ilmu teknik dan manajemen ini dipandang keren dan bergengsi di banyak universitas dunia, karena memang diperuntukkan bagi optimalisasi dan efisiensi industrasi.

Teknik Industri memadukan ilmu sosial dan sains, serta terdiri dari beberapa materi jurusan teknik lainnya. Misalnya, pelajaran elektronika, teknologi mesin, metode produksi, dan dasar-dasar pemrograman.

Baca juga: 12 PTN dengan Jurusan Teknik Industri Akreditasi Unggul dan A

Maka dari itu, jurusan ini memiliki ruang lingkup yang kompleks dengan merangkum tiga kategori, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, serta sistem industri dan tekno ekonomi.

Lantas apa yang menjadikan jurusan ini memiliki daya tarik yang besar bagi calon mahasiswa?

Berikut 5 alasan Jurusan Teknik Industri diminati calon mahasiswa, seperti dilansir dari laman binus.ac.id, Jumat (25/8/2023).

1. Bidang keilmuan yang luas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, cabang Ilmu Teknik Industri sangat luas. Tidak hanya berhubungan dengan bidang ilmu alam, tetapi juga mencakup ranah ilmu sosial.

Bahkan, terdapat beberapa topik yang mungkin dianggap kurang umum di antara mahasiswa teknik lainnya, seperti bidang psikologi, ekonomi, dan manajemen.

Hal ini menjadi nilai tambah, karena mahasiswa tidak hanya berkutat pada konsep fisika dan matematika yang akan diajarkan.

Namun juga memperkenalkan materi yang krusial dalam konteks dinamika sosial dalam industri.

Ini termasuk materi yang terkait dengan pengelolaan finansial, sumber daya manusia (SDM), dan lingkungan.

Dengan rentang luasnya cakupan ilmu ini, para mahasiswa memiliki peluang untuk mengembangkan berbagai kompetensi dan keterampilan yang akan membekali mereka dalam memulai karier setelah menyelesaikan studi.

Baca juga: Lulusan 14 Jurusan Kuliah Ini Berpeluang di Rekrutmen CPNS 2023

2. Menawarkan banyak keahlian

Secara keseluruhan, ruang lingkup ilmu teknik industri dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yakni Proses Manufaktur, Pengelolaan Industri, dan Sistem Industri & Ekonomi Teknologi. Setiap bagian ini memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com