Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Hukum Terbaik Indonesia dan Biaya Kuliahnya, Unair Nomor 1

Kompas.com - 24/08/2023, 11:42 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kalau kamu ingin menjadi pengacara, jaksa dan hakim, Jurusan Hukum adalah program studi (prodi) yang bisa dipilih saat kuliah nanti.

Jurusan Hukum di Indonesia terkenal sebagai salah satu jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang memiliki peluang karier cerah. Pasalnya, hampir semua perusahaan butuh lulusan hukum di bagian legal.

Karena itu, jurusan ini termasuk yang terpopuler saat musim seleksi mahasiswa baru tiba.

Siswa SMA sederajat yang kini masuk kelas 12, apabila tertarik memilih jurusan ini untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024, ketahui mana saja perguruan tinggi yang punya Jurusan Hukum terbaik.

Baca juga: 10 Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia

Kamu bisa menggunakan data Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject 2023 yang dirilis pada 22 Maret lalu.

QS WUR by Subject 2023 merupakan pemeringkatan kampus di seluruh dunia yang dilakukan oleh lembaga Quacquarelli Symonds. Pada tahun ini, terdapat sebanyak 1.594 institusi yang masuk pemeringkatan.

Selain membuat pemeringkatan kampus, QS WUR by Subject pun melakukan pemeringkatan berbagai jurusan terbaik di bidang engineering and technology, arts and humanities, life sciences and medicine, natural sciences and social sciences and management. Jurusan Hukum masuk ke dalam bidang Social Sciences & Management untuk sub bidang law and legals.

Penentuan ranking kampus berdasarkan indikator academic reputation, employer reputation, citation per paper, h-index citations, dan international research network.

Hasilnya ada 5 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki jurusan ini dan diakui terbaik. Pada urutan pertama terbaik se Indonesia, adalah Jurusan Hukum milik Universitas Airlangga (Unair). Unair bahkan menduduki peringkat 151-200 di dunia untuk Jurusan Hukum terbaik.

Baca juga: 10 Fakultas Teknik Terbaik di Indonesia, Ada 1 PTS

Bila kamu tertarik mengetahui siapa yang berada diurutan kedua dan ketiga, cek informasinya di bawah ini.

Termasuk kamu bisa mengetahui biaya kuliah jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur mandiri tahun ini sebagai referensi tahun 2024.

5 Jurusan Hukum terbaik di Indonesia

1. Universitas Airlangga (Unair) 

  • Peringkat dunia: 151-200

Biaya kuliah untuk para calon pengacara, jaksa dan hakim di Unair, Uang Kuliah Tunggal (UKT) nya dibagi antara jalur nasional dan jalur mandiri.

Jalur SNBP dan SNBT 2023:

  • UKT 1A: Rp 500.000
  • UKT 1B: Rp 1.000.000
  • UKT 1C: Rp 2.400.000
  • UKT 2: Rp 6.000.000
  • UKT 3: Rp 7.500.000
  • UKT 4: Rp 10.000.000

Jalur Mandiri:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com