Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Literasi Menulis Tangan, SiDU Raih Rekor Muri "Lomba Menulis Tangan Siswa SD Terbanyak"

Kompas.com - 23/08/2023, 13:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Buku tulis Sinar Dunia (SiDU) bersama Majalah Creativity in Action (CIA) berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk “Lomba Menulis Tangan oleh Siswa Sekolah Dasar Terbanyak”.

Rekor Muri ini diraih melalui kegiatan lomba menulis bertema “Harta Karun Indonesia" yang dilaksanakan pada 3 Mei 2023 hingga 22 Juni 2023. Kegiatan menyasar siswa Sekolah Dasar kelas 3, 4 dan 5 di seluruh Indonesia yang berhasil mengumpulkan 6.901 karya tulis.

Secara simbolis penyerahan penghargaan rekor MURI di laksanakan di SDN 10 Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada 22 Agustus 2023.

Adi Kurniawan, Domestic Business Head Stationery Business Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, mengatakan, "Kami menyambut baik bahwa Lomba Menulis Harta Karun Indonesia yang diadakan oleh buku tulis SiDU di tahun 2023 ini ternyata mampu memecahkan rekor MURI."

"Lomba Menulis ini adalah bagian dari program Ayo Menulis bersama SiDU yang telah kami luncurkan sejak 2017. Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan literasi khususnya kemampuan menulis sejak dini,” jelas Adi.

“Keterampilan menulis di samping membaca, berkomunikasi, menyaring dan menganalisis informasi sangat penting sebagai upaya untuk mendapatkan pengetahuan dan peluang ekonomi yang kompetitif secara global," papar Adi.

"Ini merupakan komitmen yang terus kami lakukan untuk terus mendukung anak-anak Indonesia guna memajukan kualitas kompetensi anak di masa depan,” tegasnya.

Kemampuan menulis dan literasi anak

Dari Lomba Menulis Harta Karun Indonesia ini, terpilih 51 karya terbaik siswa dicetak dalam bentuk buku berjudul “Harta Karun Indonesia”, sebanyak 2.000 eksemplar akan di distribusikan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

“Kami berharap buku ini memberikan inspirasi bagi para siswa untuk terus menulis,” menurut Adi.

Baca juga: Perkuat Literasi, Holding Mind Id PTBA Gelar Srikandi Mengajar, Srikandi Menginspirasi

 

Peluncuran buku Harta Karun Indonesia dilakukan bersamaan dengan penyerahan piagam rekor Muri di SDN 10 Kebon Jeruk yang dihadiri Widyaprada Ahli Madya Direktorat SD Kemdikbudristek RI Sugiyanto, siswa-siswi SDN 10 Kebon Jeruk, guru, Mudofar selaku kepala sekolah, perwakilan orangtua, Shahnaz Haque (Praktisi Pendidikan Keluarga), serta dimeriahkan penyanyi cilik Chico Radella.

Sugiyanto selaku Widyaprada Ahli Madya Direktorat SD Kemdikbudristek memberikan respon positif terhadap karya Lomba Menulis dengan Tangan bertema “Harta Karun Indonesia” ini.

Menurutnya metode menulis dengan tangan ini dapat melatih kerapihan tulisan dan fokus anak-anak.

“Kami berharap anak-anak semua tidak cepat berpuas diri dan tetap mendengar saran untuk mengevaluasi karya kedepannya menjadi lebih baik. Mari dorong anak-anak untuk mencintai karya mereka. Kita percaya bahwa dengan ilmu dapat menaklukkan dunia," ujar Sugiyanto.

"Tria Sentra Pendidikan (sekolah, orangtua dan masyarakat) berkolaborasi sehingga anak mendapatkan manfaat dan faedah yang optimal,” tutur Sugiyanto.

Baca juga: Gandeng OJK dan BNN, PNM Garut Edukasi Nasabah Terkait Literasi Keuangan dan Bahaya Narkoba

Pendiri Majalah CIA, Stefanie Augustin mengungkapkan, Majalah CIA mendukung penuh dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada SiDU sebagai inisiator kegiatan ini.

"Kemampuan menulis dengan tangan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan penguatan literasi anak. Ini adalah sesuatu yang penting dan perlu terus dilakukan,” ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com