Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Siswi SMKN 4 Jambi Buatkan Baju untuk Presiden Jokowi

Kompas.com - 17/08/2023, 20:50 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak empat siswi SMKN 4 Kota Jambi mendapat kehormatan untuk mengikuti Upacara Bendera Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia yang berlangsung di Istana Negara.

Mereka merupakan siswi yang telah membuat baju untuk Presiden Joko Widodo dan Ibu negara Iriana Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Keempat siswi tersebut adalah Zaqia Cahyacamila (Qia), Sunia Ariska (Nia), Zea Abadiah (Zea), dan Ayu Wulandari (Ayu). Para siswi beruntung itu merupakan pelajar kelas 12 Jurusan Tata Busana.

Baca juga: Cerita 2 Siswa SMA Labschool Cibubur Ikut Jambore Dunia di Korsel

Para pelajar tersebut masing-masing membuat satu baju untuk presiden dan ibu negara.

Keempat baju yang mereka buat yakni, baju batik khas Jambi untuk presiden dan outer untuk Ibu Iriana. Mereka juga membuat dua kemeja putih lengan panjang untuk presiden.

Kemeja putih inilah yang kemudian dikenakan presiden saat berkunjung ke SMKN 2 Bengkulu Tengah beberapa waktu lalu.

Salah satu dari empat pelajar beruntung ini, Ayu Wulandari mengaku tidak menyangka bisa menjadi bagian dari para tamu undangan di Upacara Bendera HUT ke-78 RI di Istana Negara ini.

"Jangankan upacara di Istana. Membayangkan pergi ke Jakarta saja saya tidak pernah," ucap dia dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud, Kamis (17/8/2023).

Seperti halnya Ayu, siswi lainna Sunia Ariska juga mengakui hal yang sama. Mereka tidak menyangka jika baju-baju yang mereka jahit akan membawa mereka terbang dan menjadi tamu undangan Istana Negara.

"Tetangga kami di rumah sampai mengira kami bohong kalau kami diundang presiden untuk upacara bendera. Mereka baru benar-benar percaya saat kami berangkat ke Jakarta," ucap Sunia.

Sebelum mendapat undangan untuk mengikuti upacara bendera di Istana Negara, para siswi ini sebenarnya sudah kehilangan harapan.

Baca juga: IPB Berikan Golden Ticket untuk 15 Ketua OSIS, Berikut Namanya

Pasalnya, baju-baju yang mereka buat tidak kunjung terdengar kabarnya setelah dijemput langsung ke sekolah oleh pasukan pengamanan presiden (Paspampres).

"Lama kami menunggu kabar apakah Presiden suka atau tidak dengan baju yang kami buat. Kami sampai kaya hopeless. Ingin rasanya melihat baju kami dipakai sama Presiden lewat foto saja tidak masalah," ucap Qia yang bertugas menjahit baju batik untuk Ibu Negara.

Di tengah harap-harap cemas tersebut, kabar baik itu akhirnya datang. Berita presiden Jokowi mengenakan kemeja putih saat kunjungan kerja di Bengkulu membuat mereka lega sekaligus bangga.

"Tapi kami sempat takut juga kalau berita itu (Presiden kenakan baju SMKN 4 Kota Jambi) itu hoaks. Bu Asmi (kepala sekolah) sampai nangis pas baca berita itu," ungkap Zea Abadiah

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com