Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Berawal Kekalahan Jepang dari Sekutu

Kompas.com - 15/08/2023, 08:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebentar lagi, bangsa Indonesia akan merayakan HUT ke-78 RI. Bagi siswa, apakah sudah paham sejarah kemerdekaan Indonesia?

Peristiwa-peristiwa apa saja yang terjadi dulu sebelum kemerdekaan? Apa persiapan sebelum proklamasi pada 1945?

Dilansir dari laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Sabtu (12/8/2023), sejarah singkat kemerdekaan Indonesia dimulai pada awal Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945.

Tentu sebelumnya bangsa Indonesia berada di bawah penjajahan Belanda dan Jepang. Namun pada 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Baca juga: Seperti Ini Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan RI

Adapun proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan langsung oleh Soekarno didampingi Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta Pusat.

Tercapainya kemerdekaan Indonesia tentu menoreh peristiwa bersejarah yang cukup panjang. Maka tak heran jika setiap tanggal 17 Agustus, masyarakat tanah air selalu memperingati hari proklamasi kemerdekaan.

Tentu, tanggal tersebut merupakan titik balik dari sejarah kemerdekaan Indonesia yang cukup panjang, dimana sebelumnya rakyat tanah air sempat dijajah selama bertahun tahun.

Sebelum proklamasi terjadi, terdapat banyak peristiwa penting yang melatarbelakanginya. Pada Agustus ini, Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-78. Artinya, sudah 78 tahun Indonesia merdeka.

Namun, Indonesia merdeka butuh perjuangan panjang. Bahkan sudah dimulai pada masa kerajaan dengan datangnya bangsa Eropa ke Nusantara.

Makna dan arti kemerdekaan tentu sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Berbagai peristiwa penting melatarbelakangi kemerdekaan Indonesia. Dimulai dari Peristiwa Rengasdengklok hingga pembacaan teks proklamasi.

Peristiwa Jepang kalah dari Sekutu

Sebelum Indonesia berhasil meraih kemerdekaan, ada perisitwa penting terlebih dulu, yaitu kalahnya Jepang dari Sekutu. Yakni pada 6 Agustus 1945, Kota Hiroshima, Jepang, luluh lantah akibat bom atom yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat.

Tiga hari berselang, tepatnya pada 9 Agustus 1945, Amerika Serikat kembali menjatuhkan serangan bom atom di Kota Nagasaki, Jepang.

Hanya dalam waktu singkat, kedua bom atom ini berhasil menewaskan ratusan ribu orang di Hirosima dan Nagasaki. Akibatnya, Jepang yang sudah kalah telak terpaksa menyerah kepada Sekutu, yang sekaligus menjadi penanda berakhirnya Perang Dunia II.

Baca juga: 5 Contoh Peran Pelajar dalam Mempertahankan Kemerdekaan

Jepang pun berusaha agar berita kekalahan mereka tidak terdengar oleh rakyat Indonesia. Akan tetapi, pada akhirnya, para golongan muda mengetahui berita kekalahan Jepang.

Maka, mereka segera mendesak Soekarno dan Hatta agar memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com