Kompas.com - 16/08/2022, 08:17 WIB
|

KOMPAS.com - Berbicara kemerdekaan Indonesia, apa peran pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan? Tentu pelajar atau siswa harus menjalankannya.

Sebab, sebagaimana yang diamanatkan melalui Undang-Undang Dasar 1945 (UUD'45), bahwa hak dan kewajiban warga negara salah satunya adalah mempertahankan kemerdekaan.

Begitu juga dengan siswa sebagai bagian dari warga negara. Peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan sebenarnya cukup mudah dilakukan di lingkungan sekolah.

Untuk saat ini, siswa tidak perlu mengangkat senjata. Tetapi siswa harus mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para pejuang.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Peristiwa Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan

Salah satu contohnya ialah kamu melakukan sesuatu yang positif itu sudah bentuk atau upaya mengisi kemerdekaan RI.

Melansir laman SMA Dwiwarna Bogor Jawa Barat, dijelaskan mengenai beberapa contoh peran pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan.

Peran pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan

  1. Selalu disiplin mengikuti upacara
  2. Mematuhi tata tertib sekolah
  3. Menjaga nama baik diri sendiri dan sekolah
  4. Selalu rajin belajar
  5. Berlomba-lomba dalam meraih prestasi

1. Selalu disiplin mengikuti upacara

Tentunya, setiap hari Senin maupun hari-hari besar nasional lainnya siswa diwajibkan untuk mengikuti upacara yang diadakan di sekolah.

Disiplin dan tertib mengikuti upacara merupakan salah satu hal yang dapat kamu lakukan dalam mengisi mempertahankan kemerdekaan.

Baca juga: Simak 5 Pertempuran Mempertahankan Kemerdekaan di Berbagai Daerah

2. Mematuhi tata tertib sekolah

Sebagai bentuk peran pelajar dalam mempertahankan kemerdekaan adalah selalu patuh terhadap semua tata tertib dan peraturan sekolah.

Menaati peraturan dan tata tertib di sekolah merupakan bentuk kedisiplinan yang harus ditanamkan sejak dini. Perlu kamu ketahui juga bahwa rasa disiplin menjadi salah satu kunci dari kesuksesan di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.