Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan SMK Bisa Daftar Jurusan Kedokteran di 2 PTN Ini

Kompas.com - 11/08/2023, 13:36 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biasanya Jurusan Kedokteran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hanya menerima  lulusan siswa SMA atau MA jurusan IPA. 

Namun tahukah kamu, tak hanya lulusan SMA/MA saja yang bisa mendaftar program studi (Prodi) S1 Kedokteran.

Baca juga: Pendaftaran Kedokteran UPI Dibuka Besok, Ini Jenis Tes dan Jadwalnya

Lulusan SMK juga bisa masuk jurusan ini, hanya saja perlu pertimbangan matang untuk mendaftar jurusan ini termasuk mencocokkan jurusan yang kamu ambil saat SMK.

Jika melihat saat seleksi mahasiswa baru tahun 2022, memang lulusan SMK SMK tidak bisa mendaftar jurusan ini.

Namun setelah diterapkannya Merdeka Belajar saat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, siswa SMA, MA maupun SMK bisa lintas jurusan saat kuliah. 

Kebebasan memilih jurusan ini perlu dilandasi dengan kesadaran yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan studi dengan baik.

Meski begitu, kebanyakan siswa SMK yang dapat memilih jurusan ini biasanya dari siswa SMK Jurusan Kesehatan perawatan, Kesehatan Masyarakat, atau Ilmu Gizi. Sebab ada linieritas antara bidang studi saat sekolah dan saat kuliah. 

Hingga saat ini, ada 2 PTN yang secara terbuka memperbolehkan siswa SMK bisa mendaftar Jurusan Kedokteran lewat jalur mandiri.

Untuk PTN yang membuka Jurusan Kedokteran bagi lulusan SMK, yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Adapun syaratnya, simak di bawah ini. 

A. Universitas Negeri Semarang (Unnes)

Unnes baru saja membuka Jurusan Kedokteran khusus tahun 2023. Dari persyaratan yang ada di laman Unnes, lulusan SMK bisa ikut mendaftar. Ini rincian persyaratannya:

1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat tahun 2023, 2022, dan 2021 dari sekolah yang terakreditasi dan sudah memiliki ijazah.

Baca juga: Ada Toilet Gender Netral di Salah Satu Sekolah Internasional, Kemendikbud Buka Suara

2. Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar.

3. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri Wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

4. Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di bidang studi.

5. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com