Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossabela Bangun Aplikasi "Fun Teacher Private", Hubungkan Guru Les dan Siswa

Kompas.com - 10/08/2023, 13:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Rossabela Dwita, alumnus prodi Akuntansi Universitas Matana, Gading Serpong, Tangerang, meluncurkan platform "Fun Teacher Private" yang bertujuan menghubungkan guru berkualitas dengan siswa yang membutuhkan bimbingan.

Rossabela yang saat ini sedang menempuh S2 Manajemen Bisnis , Innovation and Enterpreunership di Binus University menyampaikan, dirinya memiliki semangat untuk ambil bagian dalam menciptakan dampak positif dalam dunia pendidikan.

Melalui rilis resmi (10/8/2023) Rossabela menceritakan platform pendidikan daring pertama kali muncul pada awal 2016, saat masih aktif sebagai guru les privat.

"Pengalaman sebagai guru memberi wawasan mendalam tentang tantangan pendidikan di Indonesia, dan itulah mendorong saya untuk melakukan perubahan," ujar Rossabela.

Pada tahun 2018, perjalanan Rossabela mencapai titik balik penting. Ia memutuskan untuk Rossabela menggunakan kekuatan media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat promosi platformnya.

Keberhasilan awal ini memberikan motivasi lebih besar dalam menjalankan misinya.

Namun, perjalanan Rossabela tak berhenti di sini. Pada pertengahan 2019, ia mengubah nama dan logo platformnya dari "Fun Tutor Private" menjadi "Fun Teacher Private".

"Tagline yang dipilih Belajar Fun dengan Teacher yang Fun bukan sekadar slogan, tetapi mencerminkan esensi pendidikan yang mereka tawarkan: pembelajaran menyenangkan, interaktif, dan bermakna," jelasnya.

Baca juga: Bukan Lulusan IT, Guru Les Ini Sukses Alih Profesi Jadi Data Engineer

Nama baru ini memberikan semangat baru dan memperkuat citra merek yang menarik.

Bermodal tekad dan waktu luang

Rossabela Dwita (tengah, hijab cokelat) founder aplikasi daring Fun Teacher Private DOK. PRIBADI Rossabela Dwita (tengah, hijab cokelat) founder aplikasi daring Fun Teacher Private

Rossabela memulai usaha ini dengan modal minimal, hanya dibekali tekad dan waktu luang. Dengan fasilitas sederhana seperti laptop dan wifi, ia mengelola bisnis dengan efektif.

"Keuntungan yang diperoleh digunakan untuk membangun situs web platform, menandai pencapaian penting dalam perkembangan Fun Teacher Private," tegas Rossabela.

Namun, setiap langkah sukses selalu diiringi tantangan. Salah satu rintangan yang dihadapi adalah menemukan guru yang sesuai dengan lokasi dan jadwal yang diminta oleh siswa. Rossabela dan timnya berjuang keras mencari solusi efektif.

Mereka menjatuhkan konsekuensi kepada guru yang tidak memenuhi kewajiban mereka, sebagai langkah untuk menjaga kualitas pengajaran di dalam platform.

"Visi jangka panjang adalah menjadikan Fun Teacher Private sebagai ikon pendidikan digital yang unggul. Saya bercita-cita membuat platform ini menjadi sumber daya yang diandalkan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan," harap Rossabela.

Baca juga: 5 Tanda Anak Butuh Bimbingan Belajar Usai Sekolah

“Dengan pemahaman akan potensi besar di antara generasi milenial dan Gen Z, saya bermimpi terus mengembangkan platform ini dengan dukungan mitra yang memiliki keahlian di bidang teknologi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com