Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Aloysius Bandung Integrasikan Metaverse dalam Pembelajaran Siswa

Kompas.com - 09/08/2023, 17:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Sekolah Santo Aloysius Batununggal Bandung, Jawa Barat, mengintegrasikan Metaverse dalam proses pembelajaran dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar berbasis teknologi yang memberdayakan siswa untuk mengeksplorasi, berinteraksi, dan terlibat dalam dimensi pendidikan yang benar-benar baru.

“Melalui pendekatan revolusioner ini, kami bertujuan membuka peluang belajar yang lebih luas bagi siswa dan guru,” ungkap Pastor Agustinus Sudarno, OSC, Pengurus Yayasan Mardiwijana Bandung Satya Winaya melalui rilis resmi (8/8/2023).

Ia menjelaskan, melalui Metaverse siswa dapat belajar melampaui batasan ruang kelas tradisional. Mereka dapat menjelajahi peristiwa bersejarah, mengalami konsep ilmiah dalam lingkungan simulasi, atau bahkan melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk menyaksikan momen penting dalam sejarah.

Pendekatan inovatif untuk pendidikan ini diharapkan dapat menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang mata pelajaran dengan memberikan pembelajaran melalui pengalaman berhadapan langsung secara simulatif.

Sherly Iliana, Ketua Yayasan Mardiwijana Bandung menjelaskan, "di Sekolah Aloysius Bandung, kami berharap bahwa inovasi teknologi dapat memberikan siswa kami pendidikan yang lebih baik dan tetap unggul dalam pembentukan manusia yang utuh."

"Pengenalan Metaverse merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan metodologi pembelajaran kami dan menumbuhkan lingkungan di mana kreativitas dan kolaborasi berkembang," ujar Sherly Illiana.

Dalam kesempatan sama, Maria Magdalena dari Medusa Technology menyatakan, "teknologi Metaverse memiliki potensi untuk membentuk kembali cara kita memandang pendidikan."

"Dengan memadukan realitas dengan pengalaman virtual, kita dapat menciptakan petualangan belajar yang tak tertandingi yang mempersiapkan siswa menghadapi masa depan," lanjutnya.

Maria menyampaikan, langkah perintis Sekolah Santo Aloysius Bandung ke Metaverse adalah bukti komitmen sekolah dalam menyediakan pendidikan inovatif dan transformatif bagi para siswanya.

Baca juga: UAJY Ciptakan Platform Metaverse untuk Dorong Proses Pembelajaran Virtual

“Saat sekolah merangkul era pembelajaran baru ini, siswa dapat menantikan petualangan belajar mendalam yang akan membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkembang di abad ke-21,” tutup Maria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com